Header Ads

Jack Ma dan Kisah Inspiratifnya Membangun Alibaba

Akhir-akhir ini saya dihantui kekaguman pada satu sosok yang mampu keluar dari kesulitan lalu bangkit menjadi orang paling sukses saat ini. Sosok itu bermana Jack Ma. Pria berperawakan kurus ceking ini mampu membuktikan bahwa kerja keras itu tidak akan pernah mengkhianati hasil.


Yang membuat saya kemudian mengagumi sosok yang satu ini adalah karena kalimat-kalimat bijaknya yang sangat membakar semangat untuk hidup lebih maju dan sukses. Seperti kata bijak yang menyentil kita semua :

"Ketika kamu miskin, belum sukses, semua kata-kata bijakmu terdengar seperti kentut. Tapi ketika kamu kaya dan sukses, kentutmu terdengar sangat bijak dan menginspirasi" 

Kalimat jenaka ini lahir dari Jack Ma sebagai manifestasi perjalanan hidupnya dari seorang yang serba kekurangan sampai menjadi orang sukses yang serba berada. Kalimat ini secara tidak langsung mengajak Kita menjadi orang sukses dan kaya. Mungkin pada saat dia menjadi orang miskin, segala tindakannya tidak dianggap orang atau diabaikan. Namun, setelah dia meraih kesuksesan, sekecil apapun tindakannya selalu dicermati dan dijadikan motivasi bahkan inspirasi.

Pria yang lahir pada 10 September 64 ini berasal dari keluarga musisi dan pencerita di Hangzhou, Tiongkok. Ia pernah hidup pahit di masa Revolusi Kebudayaan dan mengalami berbagai kegagalan. Lelaki itu bangkit, membangun situs Alibaba, dan kini menjadi orang terkaya kedua di negerinya.

Hal yang membuat Jack Ma merasa gagal dalam hidupnya adalah ketika memasuki sekolah, sejak SD sampai SMA, Jack perlu berkali-kali tes karena tidak hebat secara akademis. Pernah gagal masuk universitas ternama, ia kuliah setara program D-3 di Sastra Inggris Hangzhou Normal University, lulus tahun 1988.

Selulus dari Universitas, dengan gelar Sarjana di bidang bahasa Inggris, dia ditugaskan mengajar di universitas. Ketika itu gaji Ma sebulan sebesar 100-120 renminbi, setara dengan Rp 114.000-Rp 142.500 per bulan. 

Ketika KFC membuka cabang di Hangzhou, Jack melamar. Dari 24 pelamar, hanya dia yang gagal. Ia juga kandas menjadi polisi. Lewat kerja keras dan pantang menyerah akhirnya ia menjadi sekretaris general manager gerai penjual ayam goreng Kentucky Fried Chicken. 

Disinilah ia bekenalan dengan komputer dan internet, dari seorang teman. Ketika dia mencari kata "beer" di mesin pencari Yahoo, dia menemukan kenyataan bahwa tidak ada data tentang China. Akhirnya dia tertarik pada komputer dan meminjam uang 2.000 dollar AS dari kerabatnya untuk mendirikan perusahaan komputer. Padahal dia tidak mengerti tentang komputer ataupun surat elektronik, bahkan dia tidak pernah menyentuh keyboard komputer sebelumnya.

Pada tahun 1999, Jack memutuskan untuk membuat situs sendiri, walau saat itu kehadiran situs baru masih sangat sepi pengunjung. Jack Ma membuat situs bernama Alibaba yang sampai saat ini membuat kisah sukses Jack Ma. Alibaba adalah sebuah situs retail pertama yang menghubungkan para eksportir dari China dengan pembeli dari luar negeri, dengan kata lain alibaba adalah perusahaan e-commerce yang dapat membantu para pengusaha untuk menjalankan bisnisnya. 

Visi dari Alibaba yakni sebagai suatu wadah yang mempertemukan penjual dan pembeli, sehingga para pengusaha dapat bergabung di Alibaba dan menjual produknya di satu marketplace tanpa perlu memperdagangkannya sendiri.

Dengan pelan namun pasti Alibaba makin berkembang meski di tiga tahun pertamanya tidak menghasilkan uang. Namun Jack Ma percaya bahwa ini hanya persoalan waktu saja dan kedepan akan banyak yang dapat dihasilkan dari Alibaba

Saat perusahaan – perusahaan di internet semain menjamur ditahun 2002, Jack mampu bertahan atas kompetitor – kompetitornya. Bagi Jack kerja keras dan bagaimana membantu konsumen untuk bisa untung adalah moto utamanya

Konsumennya ternyata banyak yang mendapatkan keuntungan berkat Alibaba, Jack menuturkan pernah dibayari makan oleh seseorang yang tak dikenalnya saat direstoran ”Saya pernah makan di sebuah restoran di AS. Tiba saat membayar, saya diberi tahu petugas restoran, saya telah dibayari sebuah perusahaan yang berhasil menjual produk karena Alibaba.”

Saat ini, Jack Ma sebagai founder Alibaba.com adalah salah satu orang terkaya di China dan juga orang terkaya ke-23 sedunia, dan masuk dalam jajaran 10 besar orang terkaya di dunia tekno. Dirinya adalah orang pertama China yang masuk dalam majalah forbes sebagai biliuner dunia. Selain itu, pada tahun 2015 namanya kembali muncul di forbes sebagai orang paling berpengaruh ke – 23 di dunia.

Apa yang bisa pelajari dari kisah Jack Ma ini?

1. Menciptakan peluang, bukan menunggunya

Apa yang ada dibenak Jack Ma saat akan memulai bisnisnya bisa terbilang sederhana, yakni dia bisa menciptakan peluang kemudian mengembangkannya dengan tindakan yang lebih besar.

Di tahun 1990-an, China mengalami minim infrastruktur sehingga berdampak pada sulitnya pengusaha-pengusaha di Cina untuk mengembangkan bisnisnya. Kendala dianggap Jack Ma sebagai suatu peluang. Ia kemudian menciptakan ide dengan mendirikan Alibaba yang kemudian membawanya dalam kesuksesan besar.

2. Selalu Fokus

Apa yang dilakukan Jack Ma dalam membangun usahanya tak terlepas dari fokus pikiran dan tindakannya dalam mengejar apa yang diimpikannya. Saat orang lain banyak mencemooh, bahwa alibaba dianggap tidak akan mampu menjadi situs besar, namun justru Ia tetap fokus pada tujuan yang hendak dicapainya.

Setelah alibaba berdiri 3 tahun lebih, belum ada penghasilan yang diperoleh situs ini, namun Jack Ma tetap fokus untuk berusaha memberikan yang terbaik sehingga pada akhirnya situs ini menghasilkan jutaan dolar.

3. Jangan Mempedulikan "Haters"

Apa yang dilakukan Jack Ma saat membangun Alipay memang menimbulkan kontroversi dari kalangan pengusaha e-commerce. Tidak sedikit cibiran bahkan hinaan tertuju padanya. Bahkan Jack Ma dianggap gila karena menjalankan bisnis yang menurut kebanyakan orang mustahil dilakukan.

Dari apa yang diterimanya itu, Ia tidak mempedulikannya. Ia mengabaikan komentar para haters dan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan Alipay. Hingga pada akhirnya Alipay berhasil menjadi salah satu metode pembayaran terbesar di China.

4. Selalu Kreatif dan Inovatif

Besarnya situs alibaba merupakan bukti dari kualitas Jack Ma yang selalu berusaha Kreatif dan Inovatif. Dia bisa melahirkan banyak ide-ide brilian dan mengimplementasikannya dengan baik, ditambah daya inovasi tinggi yang berhasil Ia buat dalam produknya.

5. Tak banyak mengeluh

Dalam sutu ucapannya, Jack Ma berkata "Kegagalan menjadi bagian hidup saya". Bagi Jack Ma, untuk bisa sukses, tidak hanya mengeluh, tapi mencari cara bagaimana kendala tersebut bisa teratasi. Kesuksesan yang diraih saat ini pun dimulai dari kegagalan dan penolakan yang tidak hanya sekali seperti yang diceritakan diatas.

Jadi sebesar apapun rintangannya, Jack Ma selalu memecahkannya dengan penuh gairah. Tidak dengan mengeluh dan berfikir negatif. Jika itu dilakukannya mungkin saja Ia tidak menjadi orang sukses seperti sekarang ini.

Referensi :

[1]. http://tekno.kompas.com/read/2017/01/23/11460717/kisah.jack.ma.orang.terkaya.kedua.di.china.pemilik.alibaba.com
[2]. https://www.klikmania.net/kisah-sukses-jack-ma/
[3]. https://id.wikipedia.org/wiki/Jack_Ma
[4]. https://life.idntimes.com/inspiration/irma-wulandriani/kisah-inspiratif-jack-ma-c1c2/full

8 komentar:

  1. kisah para orang sukses selalu inspiratif ya

    BalasHapus
  2. Kreatif dan inovatif, Catet!

    Oh iya satu lagi, aku suka banget sama ini:

    "Ketika kamu miskin, belum sukses, semua kata-kata bijakmu terdengar seperti kentut. Tapi ketika kamu kaya dan sukses, kentutmu terdengar sangat bijak dan menginspirasi"

    So true...!

    BalasHapus
  3. Halo mas. Salam kenal. Duh aku suka sekali membaca kisah-kisah inspiratif seperti ini. Btw apa yang dikatakan oleh Jack Ma emang bener ya. Menunggu peluang itu akan butuh waktu lama untuk berhasil :). Maka, ciptakanlah peluang itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung mbak...salam kenal juga...semoga menginspirasi kita semua ya.

      Hapus
  4. saya bisa bilang Jack Ma itu berani ambil resiko, bayangkan ngga bisa pakai komputer tapi buka perusaahaan komputer, udah itu modalnya minjam lagi. Modalnya cuma tekad dan keyakinan aja. Kalau gagal ga berhenti, malah makin tertantang.

    Nah kalau kebanyakan kita sebaliknya, ngga kuasai suatu bidang misalnya, mana mungkin kita berani ambil resiko berbisnis di bidang tersebut, apalagi sampai berhutang, iya kan mas??

    Gitu giliran gagal sekali langsung patah semangat dan mundur. Mental ini memang sangat berpengaruh keberhasilan seseorang.

    BalasHapus
  5. Pas baca kata2 bijak pertamanya bikin saya senyum-senyum sendiri karena memang lucu tapi bener. Tips-tipsnya hampir semua digunakan oleh orang sukses ya. Kalau mau sukses ya ikuti tipsnya ya ☺️

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.