Orang - Orang Nyeleneh yang Behasil Menaklukan Dunia

Sukses bukan perkara harus berkerja keras saja, tapi ada unsur lain yang membedakan dengan orang kebanyakan. Jika kita amati, orang-orang yang sangat sukses di dunia ini adalah orang yang tidak hanya mampu bekerja keras tapi juga punya sikap yang berbeda dengan kebanyakan orang, yaitu Nyeleneh.

Nyeleneh disini buka berkonotasi negatif, namun lebih dipandang memiliki kemampuan berpikir yang berbeda dengan orang pada umumnya. Mereka mampu melawan arus yang ada, menciptakan sesuatu yang tak lazim hingga mampu keluar dari zona nyamannya.

Lalu siapa orang-orang itu? Baik akan saya ulas Orang - Orang Nyeleneh yang Behasil Menaklukan Dunia.

1. Bill Gates


Bill Gates adalah salah satu nama paling terkenal di jagat teknologi hingga saat ini. Ia mendirikan Microsoft yang menjelma sebagai perusahaan software terbesar di dunia dengan kekayaan yang sangat mengagumkan. Nama Bill Gates sering dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Padahal, perjalanan hidupnya bisa dibilang tidak terlalu mulus dimana ia lebih memilih drop out dari universitas.

Akhirnya setelah mendirikan Microsoft bersama Paul Allen, Bill Gates memutuskan drop out dari Harvard University. Meski berat, orang tuanya mendukung keputusannya itu.

Mary dan aku sangat cemas tentang itu. Harapannya dan aku sebenarnya sama dengan orang-orang yang punya anak di universitas, yaitu agar dia wisuda,” kata Gates senior.

Ibunya tetap meminta Gates melakukan beberapa hal. Misalnya menjaga rumahnya tetap bersih dan datang berkunjung seminggu sekali untuk makan bersama.

Sungguh sebuah keputusan berat dan saya tahu orang tua juga mengkhawatirkannya. Dan meskipun saya tidak akan pernah mendorong orang lain untuk drop out sekolah, bagi saya pilihan itu memang tepat,” ucap Bill Gates suatu ketika.

Namun Gates pernah menyatakan penyesalan tidak sempat menyelesaikan kuliahnya. Dia pun meminta agar para mahasiswa tidak mengikuti jejaknya.

Saya kira drop out kuliah bukan ide yang bagus. Saya senang bisa menempuh kuliah meski hanya dua setengah tahun. Saya melengkapi beberapa kuliah dengan kursus online,” kata Gates dalam sebuah pidato di Universitas Chicago.

Pilihan Bill Gates untuk drop out memang tepat baginya. Ia fokus mengembangkan Microsoft yang kemudian berjaya sebagai produsen software komputer terbesar di dunia. Sistem operasi Windows sampai sekarang masih sangat dominan dipakai di mayoritas komputer. Dan belum ada pesaing yang cukup berarti. Bill pun kerap dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Harta kekayaannya diestimasi USD 61 miliar.

Saya mengambil langkah raksasa dan segera. Jika Anda berada di tempat dan waktu yang tepat dan memiliki visi ke mana teknologi baru akan menuju namun Anda tidak beraksi, Anda tidak akan pernah bisa sukses,” katanya mengenai resep suksesnya.

Saat ini, Bill Gates memang sudah pensiun dalam mengurusi Microsoft. Dia memilih fokus pada urusan kemanusiaan di yayasan Bill & Melinda Gates Foundation.

2. Bob Sadino



Inilah orang kedua yang saya anggap nyeleneh namun sangat sukses dibidangnya. Ya, dialah Om Bob Sadino. Pria yang benama lengkap Bambang Mustari Sadino ini lahir di Tanjung Karang (sekarang Bandar Lampung), pada 9 Maret 1933. 

Dia adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, ia sering terlihat santai dengan mengenakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya sehari-hari. Dari gaya berpakaian nya saja sudah bida kita lihat, om Bob Sadino adalah orang yang nyeleneh.

Kemfood dan Kemchick adalah bukti kecerdikan Om Bob melirik peluang usaha. Menciptakan pasar sendiri adalah cara terampuh untuk berhasil sebagai Wirasusaha.

Saat Bob memulai usaha ternak ayam petelurnya Bob sempat dicibir sebagai “orang gila” karena dianggap tak akan berhasil. Saat itu pasar telur dalam negeri memang masih didominasi oleh telur ayam kampung yang terkenal lama proses produksinya. Atas bantuan seorang kolega lama yang iba atas kondisi ekonomi Bob yang terpuruk, Bob pun memulai bisnis ternak telur ayam negeri dengan target pasar orang asing di sekitar Kemang.

Tindakan yang dianggap “gila” oleh kebanyakan orang ini sebenarnya merupakan sebuah langkah yang cerdik. Telur ayam dan berbagai daging olahan merupakan panganan konsumsi utama orang asing yang masih belum bisa dipenuhi demand-nya oleh produsen yang ada saat itu. Terlebih fasihnya Bob dan sang istri dalam berbahasa Inggris membuat pelanggan ekspatriat mereka merasa nyaman.

Karena kegigihan dan pelayanan primanya, perlahan bisnis Bob pun berkembang pesat. Kini Kemfood dan Kemchick telah punya nama besar di antara pelanggan setianya. Tak hanya berkecimpung di daging olahan saja, Bob Sadino pun melirik usaha sayuran holtikultura sebagai pengembangan bisnisnya. Gila dan tidak sesuai trend semua ‘kan? Tapi berhasil!

3. Jack Ma


Jack Ma merupakan seorang pebisnis berkebangsaan China. Dia merupakan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Dia merupakan warga China Daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai biliuner dunia. Pada 2015, ia masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia pada urutan ke-22. [source : wikipedia]

Dibalik kesuksesannya, ternyata Ia berasal dari keluarga miskin dan sering menemui kegagalan dalam perjalanan hidupnya, Jack Ma kini jadi salah satu orang terkaya di China dengan harta USD 28,3 miliar atau di kisaran Rp 376 triliun.

Prestasi Ma di sekolah sebenarnya biasa-biasa saja dan ia mengaku tak terlalu tahu teknologi. Dari kecil, Ma juga hidup berkekurangan. Tapi insting bisnisnya memang hebat dan tekadnya kuat. Selain itu juga, dalam membangun bisnisnya, Ia selalu berpikir nyeleneh dan melahirkan ide-ide yang dianggap gila.

Jangan mempekerjakan orang yang paling berkualitas, tapi carilah yang paling gila. Anda membutuhkan orang dengan ide-ide yang berbeda untuk membuat perusahaan hidup, bukan orang-orang yang yes men.” Itu dikatakan Jack Ma saat mengutarakan siasat membangun kerajaan bisnis “Ali Baba”.

Perkenalannya dengan internet dimulai 1995 saat berkunjung ke Amerika Serikat (AS) sebagai penerjemah proyek jalan tol antara Kota Hangzhou (Provinsi Zhejiang)-Fuyang (Provinsi Anhui) yang melibatkan investor AS. Jack memperpanjang kunjungannya AS dengan pergi ke Seattle untuk belajar internet.

Ide membangun perusahaan berkaitan dengan internet di Tiongkok muncul ketika dia tidak menemukan data mengenai Tirai Bambu di internet. Jack kemudian terpikir mendirikan perusahaan internet untuk menyediakan berbagai informasi mengenai Tiongkok, ide out of the box.

Jack bersama istrinya, Zhang Ying, lalu mendirikan perusahaan e-commerce “China Yellow Pages” atau China Pages dengan modal 2.380 dollar AS. Tahun 1999, mereka mendirikan Ali Baba di kota kelahirannya, Hangzhou. Sejarah pun dimulai dari sebuah ruangan kantor kecil. Bahkan, wartawan majalah Business Week yang meliput kantor Ali Baba menggambarkan ruangan sekecil itu diisi 20-an orang.

Dengan seprai dan selimut berserakan di lantai” ditambah udara pengap dan bau “seperti bau sepatu tua yang tidak terawat.” Tetapi, terlepas dari itu, sang wartawan terkesan dengan optimisme dan tingginya rasa percaya diri Jack Ma dan timnya. Terbukti, Ali Baba kemudian mampu menjadi salah satu perusahaan e-commerce terbesar dunia bersama Amazon dan eBay. Bahkan, tahun 2014, Ali Baba mampu mencatatkan IPO terbesar sepanjang sejarah senilai 25 miliar dollar AS di bursa Hong Kong.

Jack dijuluki “Crazy Jack” karena memiliki ide fantastis. Awalnya, banyak tidak yakin dia mampu mewujudkan ide gilanya. Dengan santai, dia menanggapi julukan itu sambil berkata, “Kami memang gila, tapi tidak bodoh! Kami tahu yang dikerjakan.”

4. Jose Mourinho


Orang selanjutnya yang nyeleneh yang akan saya bahas bukan dari dunia bisnis, namun dari dunia Sepak Bola. Dia adalah pelatih sepak bola yang selalu tampil dengan ucapan dan strategi-strateginya yang nyeleneh bahkan menuai kontroversial.

Dialah José Mário dos Santos Mourinho Félix, lebih dikenal dengan nama José Mourinho. Mou (sapaan akrabnya) adalah seorang pelatih sepak bola asal Portugal dan termasuk salah satu pelatih terbaik dalam sejarah sepak bola dunia atas prestasi-prestasi yang sudah diraihnya selama ini.

Walau menjadi pelatih yang sukses, namun Mou bukanlah seorang yang berlatar belakang seorang pemain sepak bola. Mourinho belajar di Universitas Teknik Lisbon dan meraih gelar sarjana dalam bidang ilmu olah raga dengan tesis mengenai metodologi persepak bolaan. 

Ia dengan cepat beralih profesi mulai dari mengajar, melatih tim junior dan menjadi penerjemah untuk Bobby Robson di klub Sporting Lisbon, kemudian menjadi asisten pelatih ketika ia mengikuti Robson pindah ke Porto dan Barcelona. Di klub asal Katalan, ia sempat menjabat asisten Louis van Gaal. Dan sekarang melatih Manchester United menggantikan Louis van Gaal.

Mantan pelatih Benfica ini dikenal dengan komentar-komentarnya yang sangat tajam dan kontroversial. Saat tiba di Chelsea pada 2004, ia menyebut dirinya sebagai "sang istimewa" (The Special One). 

Ditambah dengan penampilannya yang bergaya "bintang film", ia kerap menjadi sasaran di halaman utama berita dan gosip. Profilnya menjadi salah satu penghuni patung lilin di Museum Madame Tussaud di London.

Dia dikenal sebagai pelatih dengan kepribadian yang kuat dan mampu menanamkan mental juara di setiap tim yang ditanganinya. Meski strateginya acapkali dikritik karena memainkan sepak bola negatif, dia adalah jaminan prestasi yang sahih. Tidak jarang Mourinho disebut " pelatih spesialis piala " dengan keberhasilannya merebut empat trofi domestik di empat negara yang berbeda


8 komentar:

  1. Pilih nomor 1 Karena udah kaya hidupnya masih sederhana verygood [Nimouscom]

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya..bill gates emang jadi inspirasi sepanjang masa mas..mantap

      Hapus
  2. Kak ini blognya pake template apa ya yang dari sora?

    BalasHapus
  3. Kak, bikin thumbnailnya pakai software apa?

    BalasHapus
  4. aku ngefans banget sama eyang bob
    celana pendeknya itu loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dari celananya aja udah nyeleneh ya mas...

      Hapus
  5. aku sangat dalemin kisahnya JAck Ma bahkan beberapa kali ketika bawakan training aku tampilkan video dari JAck Ma kepada peserta training salah satu pesan yang mengena dari JAck MA jangan mengeluh :)
    mantep ini semoga kita bisa ikuti langkah positif mereka ya :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.