5 Blogger yang Banyak Menginspirasi Para Blogger

Dunia blogging adalah dunia yang sangat dinamis. Selain kreativitas, yang diperlukan dalam mengeluti dunia ini adalah punya jiwa inovatif. Inovasi demi inovasi adalah sebuah keharusan agar bisa terus survive dan terus berkembang menjadi blogger yang maju dan profesional.

Tak sedikit blogger yang akhirnya berhenti dari aktivitasnya lantaran kurangnya inovasi dalam membangun blognya. Hal ini menandakan bahwa terjun ke dalam dunia blogging membutuhkan inovasi tinggi.

Untuk lebih terus berinovasi dan termotivasi menjadi seorang blogger tentu harus ada panutan yang nantinya akan menginspirasi Kita menjadi seorang blogger.

Berikut akan saya ulas mengenai 5 Blogger yang Banyak Menginspirasi Para Blogger.

1. Pete Cashmore



Bagi yang menyukai teknologi masa kini, pasti mengenal pria yang satu ini. Dia adalah Pete Casmore yang menjadi Founder dan CEO Mashable.com. Mashable merupakan blog tersukses yang mengenai teknologi, bisnis, hiburan, dan gaya hidup. 

Pria yang lahir pada tanggal 18 September tahun 1985 di Skotlandia ini telah sukses menjadi sebagai blogger terbaik dan terkaya di dunia. Menurut situs maxmanroe.com, kesuksesan di usia yang belia tak membuat Pete menjadi orang yang mudah berpuas diri. Pete senantiasa berusaha untuk membuat konten-konten yang relevan dan bermanfaat bagi para pembacanya. 

Inilah mengapa Mashable bisa menjadi web terpopuler di dunia. Pada tahun 2009, kehadiran Mashable resmi mengalahkan popularitas TechCrunch. Selain membahas mengenai topik-topik seputar social media, Mashable juga melakukan liputan mengenai topik marketing dan dunia teknologi.

Kini Mashable mulai tumbuh menjadi perusahaan modern dengan teknik pekerjaan yang sangat efisien serta efektif. Dengan lebih dari 50 orang pekerja, Pete Cashmore dapat menekan biaya operasional karena beberapa pekerjanya menyelesaikan pekerjaan secara remote dari rumah masing-masing. 

Pete Cashmore memiliki popularitas, karir yang mapan serta wajah yang tampan. Ketampanan wajahnya bahkan membuat ia dijuluki sebagai “Brad Pitt dari dunia internet”.Di usia yang masih sangat muda, Pete Cashmore berhasil masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh tahun 2012 versi majalah Time.

Coba tebak berapa pendapatan yang diperoleh setiap bulan dari blog tersebut? Luar biasa, sekitar $560.000!

2. Michael Arrington



Blogger selanjutnya yang menjadi inspirasi banyak blogger adalah Michael Arrington. Arrington yang lahir tanggal 13 Maret 1970 di Kalifornia ini mampu menciptakan website berita teknologi yang bernama TechCrunch

Semasa kecil, Arrington menghabiskan masa kecil dan pertumbuhannya dengan berpindah-pindah antara Kalifornia dan Inggris. Selepas menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah atas, ia mengenyam bangku perguruan tinggi di University of California dan meraih gelar pendidikan di bidang ekonomi. Perjalanannya di dunia pendidikan tinggi tidak berakhir sampai di sini karena ia juga belajar lebih dalam mengenai ilmu hukum di Stanford Law School.

Anda mungkin bertanya-tanya mengenai kemampuannya membawa TechCrunch meraih sukses di dunia berita teknologi karena Michael Arrington tidak mempunyai latar belakang pendidikan di bidang teknologi sama sekali. Namun, perjalanan Arrington masih panjang selepas menyelesaikan pendidikan hukum di Stanford Law School karena ia mulai berkecimpung di sebuah lembaga hukum di bidang korporasi dan sekuritas. Ia juga pernah membangun perusahaan yang bergerak di bidang pembayaran online dengan nama Achex yang kemudian diakuisisi oleh First Data Corp dengan nilai mencapai 32 juta dolar Amerika Serikat yang tentunya merupakan nilai yang cukup fantastis.

Website TechCrunch baru didirikan secara resmi tahun 2005 dan masih beroperasi menggunakan sistem CrunchBase. Pengguna mendapatkan kemudahan untuk membuat profil mengenai tokoh yang menjadi inspirasi untuk perkembangan dunia teknologi maupun profil mengenai perusahaan teknologi. Konten dalam website ini boleh dikatakan inovatif karena memungkinan pengguna untuk berbagi mengenai acara maupun berita mengenai teknologi.

Selain fokus pada pengembangan konten dalam website TechCrunch, Michael Arrington juga mulai memusatkan perhatian pada pendirian perusahaan modal berbentuk ventura yang akan mengatur aliran dana dari TechCrunch misalnya untuk investasi pada BlueFly yang merupakan perusahaan retail online. Ia bersama Patrick Gallaghar dan MG Siegler membangun perusahaan dengan nama CrunchFund. Selain itu, Arrington juga mengadakan acara tahunan TechCrunch Disrupt yang berguna sebagai ajang menjalin jaringan dengan perusahaan-perusahaan teknologi lain.

3. Vitaly Friedman




Bagi para web developer ataupun desainer grafis, pasti kenal dengan Vitaly Friedman. Ia dikenel sebagai pendiri dari Smashing Magazine. Sebuah Majalah online yang membahas dalam bidang pengembang dan desainer web profesional. Blog ini didirikan pada tahun 2006 dan menjadi pioner untuk web yang sejenis.

Berbagai Info seputar teknik dan praktik di dalamnya tentu sangat bermanfaat. Bahkan tutorialnya yang berkualitas banyak membantu orang-orang yang bergerak di bidang tersebut. 

Penghasilan blonya lebih banyak dihasilkan dari banner iklan. Penghasilannya sebesar 150 – 190 ribu dollar atau sekitar 2,03 – 2,6 milyar rupiah dalam satu bulan. Ini merupakan pengjasilan yang sangat besar bagi seorang blogger. 

Uang sebanyak itu ia dapatkan dari iklan baner dan tidak termasuk pendapatan dari affiliasi. Diblognya banyak sekali iklan banner berukuran kecil. Iklan mandiri itu ia pasang sangat menarik sehingga tidak terkesan murahan.

4. Linda Ikeji



Wanita asal nigeria Linda Ikerji awalnya merupakan seorang model, aktifis dan jurnalis. Pada tahun 2003 dia memutuskan untuk mulai ngeblog dengan pengetahuan yang sangat minim tentang perbloggan, bahkan dari tahun 2003 saat dia mulai ngeblog sampai tahun 2007, blog yang ia kelola bertemakan gosip belum kunjung memberikan penghasilan yang ia harapkan, namun hal itu tidak membuat wanita tangguh ini menyerah, iapun menambah intensitas update artikel mencapai 25 artikel perhari, sungguh luar bisa.

Seiring berjalannya waktu akhirnya blognya mulai memperoleh lonjakan trafik yang signifikan, hingga sampai tahun 2010 mulai mendapatkan email tawaran pemasangan iklan.

Pendapatan Linda Ikeji berasal dari iklan mandiri dan PPC google adsense, menurut pakar dari Amerika yang meninjau penghasilan blog Linda Ikeji berdasarkan pringkat Alexanya, dari tinjauan tersebut disebutkan linda Ikeji berpenghasilan $100.000, malah bisa lebih dari perkiraan tersebut. Kalau dirupiahkan sekitar 1,2 Milyar.

Luar biasanya Linda Ikeji hanya menggunakan platfom gratisan yaitu Blogger atau Blogspot. Ini membuktikan dengan blog gratisan saja bisa meraih pundi-pundi uang yang jumlahnya luar biasa, asalkan di kelola dengan sungguh-sungguh.

5. Gina Trapani



Wanita produktif dalam dunia ngeblog bukan hanya Linda Ikeji, Gina Trapani dengan blognya LifeHacker tercatat sebagai wanita berpenghasilan besar dari blog berikutnya. Selain ngeblog Gina Trapani sangat aktif dalam komunitas media sosial.

Gina juga baru-baru ini menjadi bagian dari Gizmodo dan Gawker Blog Empire dua media sosial yang sedang berkembang. LifeHacker milik Trapani merupakan blog tergolong sederhana, isinya ulasan tentang cara-cara menyelesaikan urusan sehari-hari dengan cara yang lebih sederhana. Trapani juga mengundang pembacanya untuk ikut menulis, tidak heran blognya dibanjiri pengunjung.

Sebenarnya, Lifehacker sendiri merupakan blog sederhana. Fokus dari blog ini juga tentang urusan sehari-hari. Hanya saja, ulasan yang menarik serta cara sederhana yang bisa dilakukan oleh pengunjung tentang berbagai hal urusan sehari-hari membuat blog ini sangat menarik.

Pengunjung juga diberikan tempat untuk menulis sehingga tidak hanya membaca saja melainkan bisa menulis. Tentunya, isi atau konten blog yang berkualitas akan secara otomatis membuat pengunjung semakin banyak dan itu artinya peluang untuk mendapatkan rupiah juga semakin banyak.

Saat ini, penghasilan Gina dari blog sendiri mencapai $110.000 atau sekitar Rp 1,4 miliar. Angka ini bukan jumlah yang sedikit. Sumber penghasilannya itu dari review serta iklan independen. Tentunya, kamu bisa juga meniru suksesnya dengan bekerja keras dan bergelut dengan blog kamu sendiri.

20 komentar:

  1. ya allah linda ikeji itu memorabel banget pas kuliah
    ada dosenku yg ngefans banget gegara beliau satu2nya dosen yg aktif ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas,,,passionnya memang gede banget dalam hal ini..

      Hapus
  2. Wahhh.. mereka benar-benar blogger yang menginspirasi yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak,,,sangat menginspirasi bgt.

      Hapus
  3. Sungguh luar biasa, apalagi Linda Ijeki. Konten blognya minimalis tapi penghasilannya selangit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak,,,dia konsisten dan banyak kemauan..keren

      Hapus
  4. Wah ternyata ada juga ya Brad Pitt dunia internet hehe..wajah tampan itu merupakan bonus ya. Paling penting itu blognya..mau berkunjung ah ke blogger2 kenamaan ini, tks infonya mas Doni. Oh ya mengajar mata kuliah apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mengajar informatika mbak dan mengajar fisika juga...

      Hapus
  5. Tadinya gue kira mau bahas blogger indo. Ternyata yang di bahas blogger dari luar. Yah, gapapa lah. Itung-itung nambah pengetahuan sekaligus semangat biar lebih rajin ngeblog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gan,,sementara orang luar dulu. indo nanti lagi,,,

      Hapus
  6. Dari ke 5 blogger yang diatas baru tahu satu yang Linda Ikeji. Kalau ditekuni apapun bisa menghasilkan yak.

    BalasHapus
  7. Belajar dari mereka, intinya kalau kita seriuskan akan berhasil ya. Perlahan tapi pasti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mbak,,,semangat trus ya !!!

      Hapus
  8. Weeeeeww keceee, jadi makin semangat jd blogerpreneur hehe.
    TFS

    BalasHapus
  9. Mas Doni juga menginspirasi banget... Aku awalnya bukan pecinta blog apalagi nulis2.. sering ketemu blogger, baca blog mereka .. ternyata tanpa sadar aku jadi suka nulis juga. Virus yang positif banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak amalia..saya mah blogger baru. semangat terus ya mbak nulisnya

      Hapus
  10. Siiip, semoga semangat mereka menginspirasi kita semua

    BalasHapus
  11. Semoga kita bisa seperti mereka, perlahan tapi konsisten :)
    Nice post, Mas. Jadi tahu dan bisa dijadikan contoh..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.