5 Cara Membuat Artikel Berkualitas yang Disukai Google

Kewajiban utama seorang blogger adalah membuat konten untuk blognya berupa artikel. Jika tidak dilakukan, maka bukan hanya kehilangan gelarnya sebagai blogger tapi juga ia telah membuat blognya mati suri.



Membuat tulisan yang menarik dan disukai pembaca tentunya hal yang utama dalam aktivitas blogging. Namun sebelum tulisan Kita disukai pembaca, maka yang harus dilakukan adalah bagaimana caranya membuat artikel berkualitas yang disukai google, karena dengan begitu lumbung pembaca akan meningkat.

Artikel berkualitas akan memungkikan berada di posisi no.1 mesin pencarian google. Google akan senantiasa menfilter berjuta-juta artikel yang kemudian yang berkualitas lah yang akan menempati posisi puncuk di mesin pencarian.

Baik! pertanyaannya. Bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas yang disukai google?

1. Tulislah artikel yang orisinil, bukan copas



Ini sudah barang tentu cara pertama yang harus dilakukan oleh seorang blogger dalam membuat artikel berkualitas. Membuat artikel yang orisinil akan membuat disukai google baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Hal ini berbeda jika kita menulis artikel secara copy paste. Disamping kita akan disebut sebagai blogger plagiat, dampak jangka panjangnya adalah kita akan mendapatkan pinalty dari google berupa deindex artikel di mesin pencarian. Hal ini tentu sangat merugikan karena trafik akan langsung turun drastis.

Maka dengan kita membuat artikel seorisinil mungkin, kita telah membuat konten yang berkualitas baik dipandang oleh google maupun pembaca. Jika kita ingin mengutip, berilah sumber kutipan agar orang yang dikutipnya ikut bangga karena karyanya dijadikan referensi.

2. Usahakan Minimil 1000 kata



Hal ini masih menjadi perdebatan dikalangan blogger. Ada yang menganggap bahwa jumlah kata tidak berpengaruh pada peringkat di google, tapi ada juga yang menganggap berpengaruh. 

Namun menurut saya bisa berpengaruh, bisa juga tidak.Yang lebih penting dari sebuah artikel adalah seberapa informatif artikel tersebut untuk pembacanya. Hal ini karena robot pencarian google akan senang menjelajah pada situs-situs yang kaya informasi.

Jika artikel yang kita hasilkan infromatif namun jumlah katanya juga sedikit, misalnya kurang dari 300 kata maka robot google juga kurang menyenangi. Tapi jika kita mengupayakan artikel panjang lebih dari 1000 kata namun tidak informatif, maka robot google pun tidak akan menyukai juga.

Menurut pengalaman saya dalam menulis artikel, saya mencoba menulis minimal 1000 kata. Namun harus ditunjang informatif dan berguna bagi para pembaca, dengan begitu robot google pun akan menyukai artikel yang kita buat.

3. Buatlah artikel yang tidak hanya bermanfaat, tapi juga dicari orang



Tidak bisa dipungkiri, bahwa salah satu alasan mengapa pengguna internet mengunjungi artikel kita adalah karena Mereka Butuh Infromasi. Pengguna internet akan selalu mengetikan kata kunci yang mereka cari lewat mesin pencarian.

Maka cara yang paling penting untuk membuat artikel yang berkualitas adalah membuat artikel yang bermanfaat dan banyak dicari orang. Misal, orang akan selalu mencari artikel-artikel seputar kesehatan dengan mengetikan kata kunci seperti bagaimana cara diet yang baik, tips menjadi sehat, dll.

Membuat artikel dengan keyword yang bermanfaat tentu akan sangat berpengaruh terhadap SERP dan yang paling utama adalah artikel yang dihasilkan akan baik di mata google, baik pula di mata pembaca.

4. Padukan teks, image dan video



Telah disinggung diatas, bahwa salah satu cara membuat artikel berkualitas adalah membuat artikel yang informatif. Teknis penulisan yang bisa dilakukan adalah dengan memadukan teks, image dan video dalam satu artikel.

Selain teks, pembaca juga butuh image sebagai visualisasi yang jelas terhadap apa yang Kita sampaikan. Jika ditambah dengan video akan lebih bagus. Usahakan disetiap kita menulis konten, apalagi jika yang menguraikan poin-poin, sisipkan lah gambar yang relevan disetiap poin untuk menunjang informasi dari artikel secara lengkap.

Penambahan video dan image yang relevan akan menambah artikel semakin kaya akan informasi dan tentunya bermanfaat bagi pembaca. Namun ubahlah ukuran image yang digunakan, diharapkan image yang kita tamilkan tidak melebihi 50 Kb. Karena jika lebih dari 100 Kb akan berdampak pada beratnya loading blog.

Dari hasil indexing google, artikel yang memadukan teks, image dan video ternyata lebih cepat terindex. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi blog yang kita garap, jika sepenuhnya pengunjung diserahkan pada mesin pencarian.

5. Perhatikan keratan kata kunci



Yang dimaksud dengan kerapatan kata kunci disini adalah bagaimana Kita menempatkan kata kunci per jumlah kata yang ada dalam artikel. Dari hasil penelusuran yang saya lakukan, ternyata google sangat menyukai kerapatan kata kunci sekitar 2% - 3 % per artikelnya. 

Misal artikel yang kita buat mengandung 1000 kata, maka kata kunci yang bisa kita gunakan adalah sekitr 20 - 30 kata. Kata kunci yang kita bidik usahakan di bold dan tersisip sepanjang kalimat. 

Sebagai contoh, jika kita membidik kata "Rumah" maka disetiap ada kata yang relevan dengan kata rumah bisa kita bold. Misal "Rumah yang nyaman", " Desian rumah modern" dll.

Tapi perlu diingat terlalu banyak membidik kata kunci juga efeknya tidak baik dan akan di cap sebagai spam oleh google.

Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa. Terimakasih.

32 komentar:

  1. thanks gan, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. Begitu tipsnya ,, selama ini nulis cuma nulis doang, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya awalnya saya juga nulis doang,,tp setelah dipelajari, banyak juga ilmunya...hehee

      Hapus
  3. Keren, btw kok bisa ngelink dari viva gitu gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih. Entah lah mas..dari vivanya sendiri yang membuat link tersebut.

      Hapus
  4. asik, content is the king ya mas

    BalasHapus
  5. Artikelnya bermanfaat banget Mas untuk aku yg masih piyik dlm menulis blog. Makasih yak

    BalasHapus
  6. Yang nomor dua agak berat ya, ane nulis 500 kata aja udah ngotot banget.
    Btw thanks untuk artikelnya gan, informatif banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dibiasain pasti bisa dan gampang mas..semangat terus ya.

      Hapus
  7. waktu awal2 ngeblog tahun 2012 blm tau soal ini, tiap nulis sesuka hati aja berapa kata tapi seringnya sih > 500 kata karena tulisan berbau tsyurhat XD

    setelah serius blogging + rajin ikutan event eh malah berasa 500 itu kok berat ya .. solusinya mulai selektif ikutan event, karena kan ada kewajiban menulis + biar kedeteksi google ya kudu minimal 500

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman yang bagus tuh mbak...semangat terus berkarya ya mbak

      Hapus
  8. Nice info gan. Ijin copas dan titip lapak. Tks.
    https://motorbloginfo.wordpress.com

    BalasHapus
  9. Mantap banget nih infonya sangat berguna dan membantu khususnya buat saya yang masih belajar ngeblog..

    BalasHapus
  10. Saya jarang nih bisa nulis 1000 kata

    BalasHapus
  11. kadang nulis2 aja sih tanpa pikir keywords. terus belum sanggup kalau harus 1000 kata :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambil bertahap aja mbak,,,semangat terus ya

      Hapus
  12. Wah bermanfaat sekali artikelnya, makasih sudah berbagi mas. Selama ini ngeblog hanya pengalaman pribadi saja jadi kadang kurang memperhatikan point-point di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada ketentuan baku kok mbak,,,sesuai passion aja. hehehe

      Hapus
  13. Makasih tips nya. masih berusaha menulis minimal 1000 kata, biasanya masih kurang sih. Soal video juga masih gaptek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat terus ya mbak,,,nanti juga terbiasa...

      Hapus
  14. Aku jarang bikin artikel sampai 1000 kata sih kak, tapi diusahakan selalu di atas 500 kata. Noted banget nih.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. segitu juga bagus mbak,,semangat terus ya

      Hapus
  15. kunjungan balik mas..alhamdulillah artikel saya original semua dan berdasarkan pengalaman hehe

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.