5 Cara Agar Ngeblog Menjadi Aktivitas yang Menyenangkan

Saat ini, dengan pertumnbuhan internet yang sangat pesat menjadikan aktivitas blogging menjadi aktivitas yang sedang digemari oleh sebagian kalangan. Menurut data yang dilansir dari kominfo.go.id, survei yang dilakukan sepanjang 2016 menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet. Adapun total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta orang.



Hal ini mengindikasikan kenaikan 51,8 persen dibandingkan jumlah pengguna internet pada 2014 lalu. Angka yang sangat luar biasa. Dan hal inilah yang dimanfaat oleh sebagian kalangan untuk mendirikan perusahaan starup seperti tokopedia, bukalapak dll.

Salah satu pemanfaatan dari pesatnya penggunaan internet adalah dengan menjadi seorang blogger. Aktivitas ini bukan barang baru, namun dengan tingginya pengguna internet, menjadi blogger berpeluang tidak hanya banyak yang membaca blog yang dibuat, tapi juga dapat mendulang pundi-pundi uang dari aktivitas ini.

Pada kenyataannya tidak semudah itu menjadi seorang blogger. Selain ketekunan dan kesabaran yang ekstra, juga dibutuhkan passion yang besar untuk tetap berkarya di dunia digital ini.

Baik!. Di artikel ini saya akan coba berbagi bagaimana agar aktivitas blogging menjadi hal yang menyenangkan.

1. Jadikan blogger sebagai sebuah passion

Ada banyak celoteh yang menyatakan bahwa jika kita sudah mencintai sesuatu maka apapun yang terjadi akan begitu indah dan menyenangkan. Inilah yang kita sebut sebagai the power of love.

Begitupun dengan passion. Passion adalah energi besar yang dapat membuat kita bersemangat mengerjakan apa pun, termasuk ngeblog. 

Ini adalah cara pertama agar ngeblog menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Banyak seorang berhenti ngeblog karena tidak mendapatkan passion. Yang mereka kejar adalah money, money dan money. Bukan semangat untuk berbagi dan berkreasi.

Jadi buang dulu jauh-jauh pikiran bahwa ngeblog itu untuk mencari uang. Ini hal yang sangat salah. Jika sudah sepeti itu, maka akan ada kejenuhan karena harus dikejar target. Mengalir saja !

2. Jangan Paksakan

Karya seorang blogger adalah membuat konten berupa artikel. Tentu saja, dalam membuat artikel seorang blogger harus terus mengembangkan ide demi ide untuk dituangkan dalam artikelnya.

Namun tak sedikit blogger yang kadang kehilangan ide menulis. Nah, jika sudah begini sebaiknya jangan dipaksakan untuk ngeblog. 

Cara terbaik jika sudah begini adalah banyak membaca atau menonton tanyangan di tv atau youtube, bisa juga banyak diskusi dengan teman-teman sejawat. Karena dengan begitu, ide-ide segar akan segera bermunculan.

Jika sudah ada ide segar, maka keasyikan ngeblogpun akan kita rasakan. Terlebih jika artikel yang kita buat benar-benar berkualitas.

3. Perbanyaklah Berkunjung ke Blog Teman

Memeperbanyak kunjungan ke blog sesama blogger adalah cara lain untuk membuat ngeblog begitu mengasyikan. Istilah ini sering disebut sebagai blogwalking.

Luangkan waktu senggang untuk berkekunjung ke blog teman. Tidak hanya menambah wawasan, berkunjung ke blog teman akan mendapatkan ide-ide baru dalam menulis.

Jangan jadi silent reader, usahakan berkomentar seobjektif mungkin. Dengan berkomentar juga kita akan mendapatkan backlink yang sehat untuk SEO blog kita.

4. Berorientasilah berkarya

Membuat suatu karya biasanya dijiwai dengan ketulusan. Tanpa paksaan dan tanpa beban.

Jika kita menekuni aktivitas blogging dengan orientasi untuk mengikuti blogger sukses yang telah mendapatkan penghasilan tinggi, sebaiknya jangan teruskan menjadi blogger, karena itu akan membebani dan membuat aktivitas ini penuh kejenuhan bahkan tidak menarik.

Semakin semangat berkarya, maka lambat laun ngeblog adalah suatu kebutuhan yang mengasyikan. Tidak hanya itu, ngeblog juga akan membantu mengasah pola pikir kita.

5. Lakukan hal-jal baru yang menantang

Jika ngeblog terasa itu-itu saja, berarti Kita sudah berada dalam sebuah Zona Nyaman. Ini bahaya! Karena akan membawa kita pada sebuah keadaan untuk tidak berinovasi.

Ngeblog juga butuh inovasi agar terus menjaga kualitas. Terlebih jika, tulisan kita banyak disukai orang.

Maka hal terbaik adalah terus berinovasi dan melakukan hal-hal baru yang lebih menantnang. Dengan begitu akan banyak ide dan gagasan yang bisa dituangkan di dalam blog.

Semoga bermanfaat !!!



13 komentar:

  1. Yup. Kalau ide macet mending cari inspirasi aja biar ngeblog tetap fun ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mbak farida...lebih baik begitu...

      Hapus
  2. Asyiiikk, makasih Mas Doni sdh sering berkunjung ke blog teman (aku maksudnya) hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mbak april...senang rasanya bisa berkenalan dengan mbak...

      Hapus
  3. Perbanyaklah Berkunjung ke Blog Teman ini ampuh banget buat saya, hehe. Hal yang menantang itu apa contohnya Mas? Ikutan Blogging challenge kah? Atau ada yang lain? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu nya mbak...atau menjadi guest di blog orang...ini biasanya sangat menyenangkan sekali mbak

      Hapus
  4. Syukurnya sampe skr aku blm prnh merasa jenuh ngeblog. Dr awal nulis di blog krn memang suka nulis dan utk sarana menyimpen semua pengalaman travelingku :D. Krn ga semua bisa kuinget, ya udh tulis di blog :) . Kalo suatu saat ga dpt ide, gampang, tinggal traveling deh :D.

    BalasHapus
  5. mantap mbak fanny,,semangat terus ngeblognya...

    BalasHapus
  6. Nge-blog memang menyenangkan. Bisa nulis apa aja di sana, bisa curhat-curhatan gak jelas juga, hehehe.

    BalasHapus
  7. Jangan lupa berkunjung ya mas doni hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mbak,,,nanti saya berkunjung ke blog mbak...

      Hapus
  8. memang rada nemu jenuh juga sih lama-lama,apalagi kalau ngeblognya sambil nyuri2 waktu,
    poin ke 3nya boleh tuh kayaknya mas,
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu point paling makyus banget mbak...

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.