Tantangan Menjadi Guru Fisika !


Kalo ditanya guru apa yang paling menantang untuk dijalanin? Jawaban dari pertanyaan itu mudah untuk dijawab, karena jawabannya adalah Fisika. Kenapa? Karena fisika adalah mata pelajaran yang paling tidak disukai oleh para siswa di sekolah. 


Ini adalah tantangan berat bagi guru fisika dimanapun. Termasuk saya. Bukan mengecilkan hati, tapi ini kenyataan. Mengingat di lapangan banyak sekali siswa yang kesusahan dengan fisika.

Mengapa fisika begitu menantang? Baik, saya akan coba jabarkan versi saya. Ketika saya menjadi guru fisika, tantangan yang dihadapi adalah bahwa siswa/i tidak suka dengan cara berfikir fisika yang dianggapnya rumit dan sulit, bahkan mengada-ada. 

Misal, dalam soal fisika ada 2 buah mobil bertabrakan, biasanya akan ditanyakan berapa kecepatan mobil dan berapa momentumnya? Bagi mereka hal itu kurang penting dan tidak bermanfaat. Mereka menilai bahwa jika ada tabrakan,yang harus dilakukan ya ditolongin. Tapi yang jadi permasalahan adalah bukan momentum dan kecepatannya, tapi fisika lebih pada melatih dan membentuk pola pikir yang baik dari kasus yang dihadapi. 

Fisika mengajarkan bagaimana menganalisis dan menyelesaikan masalah.

Ada hal lain ketika fisika sudah disadingkan dengan matematika. Konsep yang sederhana akan menjadi tterlihat menjadi rumut. Dan itulah titik lemah fisika yang dipandang siswa sebagai hal yang susah untuk dipelajari. 

Tapi itulah fisika. Fisika sangat bisa disederhanakan karena memeng sejatinya fisika itu memang sangat sederhana.

Disaat ada siswa mengeluh tentang susahnya fisika, sampai dia berkata " Pak, apasih manfaatnya fisika? Ribet". Saya hanya bisa tersenyum dan mengajukan pertanyaan balik " Coba kalian sebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang tidak berfisika?". 

Mereka menyebut satu persatu dan saya coba jawab pertanyaan mereka satu persatu. Saya mengatakan ilmu fisika itu sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa ilmu fisika, mungkin sekarang tidak ada iPhone dll. Maka dengen memberikan penekanan bahwa fisika itu sangat bermanfaat, akan membuat siswa menjadi lebih terbuka dengan fisika.


Quaote : " Fisika bukanlah ilmu yang mempelajari angka-angka, tapi mempelajari kehidupan "

9 komentar:

  1. Waa...aku selalu takut dengan pelajaran fisika. Satu2 nya yang aku suka hanya tema Tata Surya...karna nggak pake rumus :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah yang jadi tantanganya bunda,,,makasih sudah mampir

      Hapus
  2. Semenjak SMP pelajarab ini yg selalu membuat saya takut neh hehe, akhirnya pas SMA memilih kejuruan aja hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal fisika menyenangkan lho mbak...hehe

      Hapus
  3. pengen banget jadi guru fisika pak
    cuman takdir berkata laiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah hidup mas,,,semnagat terus ya

      Hapus
  4. Dulu suka bgt sama Matematika. Kalo Fisika ngga pernah jd pelajaran favorit tapi alhamdulillah nilainya cukup lah untuk bertahan hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal fisika tuh menarik banget mbak...hehehe

      Hapus
  5. Waktu SMP saya suka sekali pelajaran Fisika. Menurut saya pelajaran ini mudah dan asyik, meski pada dasarnya kemampuan berhitung saya lemah. Tapi menginjak SMA, aduh pelajaran fisika kok jadi sulit gitu ya, nggak semudah dan seasyik waktu SMP. Tapi saya setuju, pelajaran fisika emang penting, bahkan sangat penting.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.