Menikmati Indahnya Bromo dan Kota Batu

Tahun ajaran 2015/2016 mungkin akan menjadi tahun yang menyenangkan, karena di tahun ini banyak sekali rangkaian tour yang saya lakukan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis.

Lho kok bisa? Ya. Semua itu saat saya bekerja di SMA Taruna Bakti. Sebuah SMA yang kata menurut banyak orang adalah sekolah swasta ternama di kota Bandung. Sejak saya mulai bekerja di sekolah ini pada tahun 2010, memang banyak sekali rangkaian tour yang diadakan setiap 2 tahun sekali oleh yayasan. Ini memang sengaja dilakukan untuk membuat para guru dan karyawannya bahagia. Yayasan memberikan pendanaan untuk setiap guru untuk melalukan tour.

1. Bromo

Walau waktu itu, bromo sedang mengalami batuk alias erupsi. Kami tetap berencana mengunjungi gunung yan memiliki keindahan alam yang luar biasa itu. Tanggal 18 Desember adalah hari dimana kami mengawali perjalanan. Kami berangkat pagi-pagi sekali  dari Bandung. Dengan target sampai di Kab. Probolinggo dini hari esok hari untuk menikmati sunrise di pananjakan 1.



Namun malang tak dapat dihadang, jalur yang kami lalui seanjang pantura mengalami kemacetan akibat perbaikan jalan dari mulai Tegal sampai semarang. Alhasil kamipun kesiangan untuk sampai Bromo.



Dengan manaiki Jeep yang sudah disediakan travel. Kami menuju Bromo sekitar 35 menit menuju Pananjakan 1. 

Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Terkenal dengan kaldera atau lautan pasir dan kawah yang eksotis, serta pemandangan matahari terbit (Bromo Sunrise Tour)  yang sangat indah. Walau gagal menyaksikan sunrise yang menurut banyak orang adalah sunrise terindah jika disaksikan dari tempat ini, tapi rasa lelah itu hilang saat bisa melihat letusan erupsi yang manawan.

2. Museum Angkut, Kota Batu

Setelah mengunjungi Bromo yang eksotis, kami melanjutkan perjalanan ke Kota Batu. Tujuan utamanya adalah Museum Angkut, sebelum kami harus check in di Hotel Agrowisata, Batu. 

Ini adalah tempat yang sangat saya sukai. Ya museum angkut yang penuh kejutan dari semua wahana yang ada. Distenasi budaya ada di sini. Dari mulai pelabuhan sunda kelapa sampai Buckingham palace ada disini. 

Awalnya tidak mau masuk, karena pikir saya tempatnya sama dengan Dufan atau tempat-tempat umum.



Tapi Ternyata...setelah masuk, saya disuguhkan oleh pemandangan yang sangat luar biasa. Ini benar-benar Luar negeri rasa Kota Batu. Ornamen dan arsiteknya bener-benar seperti di luar negeri.



Berada disini benar-benar serasa berada di luar negeri saja. Museum ini terletak di kawasan seluas 3,8 hektar di lereng Gunung Panderman dan memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern. Selain itu museum ini juga dilengkapi Movie Star Studio, berupa set landscape model bangunan dari benua Eropa hingga Amerika.

Zona yang saya paling sukai adalah zona Gangster Town dan Broadway Street. Tempat ini benar-benar seperti aslinya dan nuansa gangsternya benar-benar terasa.

3. Batu Night Spectaculer

Setelah mengasyikan berputar-putar menikmati serunya di Museum Angkut, malamnya kami menikmati wahana di Batu Night Spectaculer. Tidak kalah dengan museum angkut, wahana wisata di tempat ini pun sangat mengasyikan. Bisa dibilang inilah Dufan-nya Jawa Timur.



Banyak wahana menarik. Benar-benar seperti di Trans Studio Bandung atau di DUFAN. Cuman bedanya di BNS dibuka malam hari. Suasana Pasar Malam bergaya modern benar-benar sangat terasa dan kita bisa larut dalam suasana yang ada. 

Banyak wahana menarik, salah satunya adalah Lampion Garden BNS, dimana berbagai macam bentuk dan ukuran yang besar menyebabkan pemaandangan begitu eksotis. Lampion angsa yang bermain-main di danau membuat suasana juga menjadi romantis, apalagi dengan lampion cinta menemani malam gemerlap penuh warna warni di sekelilingnya. Mmm...romantisnya.

4. Batu Secret Zoo - Jatim Park 2

Ini merupakan kebun binatang paling keren dan tebaik di Indonesia. Semuanya lengkap dan tersusun dengan rapih dan terawat. 



Menurut situs wisatapedi.comWisata Secret Zoo Batu Malang adalah kebun binatang modern yang merupakan bagian dari Jatim Park 2. Sekalipun memiliki luas area lebih dari 14 hektar, namun kebun binatang ini terawat dan tertata dengan rapi dan bersih. Sehingga tidak heran jika banyak yang beranggapan bahwa managemen kebun binatang Secret Zoo ini layaknya kebun binatang di negara-negara maju.

Kebun binatang ini memiliki berbagai macam koleksi hewan dari berbagai benua seperti Asia, Australia dan Afrika, yang beberapa di antaranya sudah mulai punah dan dikonservasi dalam konsep menyesuaikan habitatnya mulai dari Reptile Garden, Flying Lemur, Aquarium, Savanah, Kampung Afrika dan lain sebagainya.

Selain melihat berbagai koleksi satwa, Anda juga dapat menikmati berbagai wahana Secret Zoo Batu Malang yang terdapat di Fantasy Land seperti Safari Car, Safari Farm, Animal Show, Brigade Mobil Pemadam, kolam renang anak bertema tokoh kartun Toy Story, dan masih banyak wahana permainan lainnya. Semua wahana permainan di Fantasy Land ini pun dapat Anda nikmati sepuasnya tanpa harus membayar tiket masuk tambahan karena sudah termasuk dalam tiket Batu Secret Zoo.

Itulah sekelumit pengalaman yang mengunjungi Jawa Timur.

12 komentar:

  1. Enaknya mas bisa jalan-jalan gratis ..jadi kangen nih sama masa-masa SMA..haha :D

    BalasHapus
  2. Wah seru pisan nih kayanya, kang. Good trip.

    BalasHapus
  3. wah seru sekali ya, bromo itu memang amazing

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas tira,,,keren banget,,,

      Hapus
  4. huahhh jadi kangen malang, aku ke bromo tahun 2009, terakhir ke malang tahun 2010, wes suweee nemen

    BalasHapus
  5. asik banget ya mas, bisa jalan-jalan gratis~ :D

    BalasHapus
  6. Batu makin keren, terakhir ke sana pas jaman kuliah hehe
    TFS Mas :)

    BalasHapus
  7. Huuuuuoh pengeeen banget ke Bromo, belum kesampean >.<

    BalasHapus
  8. enaknya jalan-jalan gratis :)
    foto yang pertama itu wow banget Mas, itu asap yang dikeluarkan gak panaskah?

    BalasHapus
  9. Pengen banget mengulang perjalanan ke Bromo. Waktu ke sana, anak saya nangis terus. Sepertinya kesal karena dinihari udah dibangunin buat lihat sunrise :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.