Berbagi Cerita dengan Wulan Guritno di Kelas Inspirasi Sinema

Pada tanggal 30 Maret 2016 lalu, ditempat saya bekerja, SMA Taruna Bakti Bandung, kedatangan artis kondang Wulan Guritno dalam rangkaian acara Kelas Inspirasi Sinema menyambut Hari Film Nasional yang jatuh pada hari itu juga.


Acara yang digelar oleh Kemdikbud itu, memang dirancang untuk sekolah-sekolah yang telah ditunjuk sebagai wadah inspirasi insan perfilman untuk bisa berbagi dengan komunitas pendidikan dan generasi muda. Dan kebetulan sekolah dimana saya bekerja terpilih dari sekian banyak sekolah di Bandung.

Enggak mau menyia-nyiakan acara itu, saya pun sangat antusias mengikuti acara yang berlangsung salama hampir 4 jam itu. Dengan berlaga membawa kamera, saya hilir mudik mengabadikan momen itu sekaligus modus agar bisa melihat mbak Wulan Guritno yang cantik banget dengan jelas. Hehehe...


Ada banyak pesan moral yang diceritakan Wulan Guritno dalam berbagi inspirasi dengan siswa/i dan guru yang ada pada acara itu. Ia menceritakan bagaimana perjalan karirnya sebagai seorang artis dari nol sampai sekarang, yang dilalui dengan jalan yang tidak mudah dan serba instan.

"Untuk menjadi bintang yang besar tidak semudah yang dipikirkan, kita membutuhkan passion yang sejalan dan ambisi yang kuat untuk meraihnya dan jangan pernah putus asa"

Itu kurang lebih kalimat yang saya rangkum saat mendengarkan apa yang Mbak Wulan sampaikan.

Menjadi seorang yang sukses memang tidaklah mudah. Banyak banget rintangan yang bakal dilalui. Survive tidaknya kita ditentukan oleh semangat juang yang tinggi. Jika kita lihat, persaingan di dunia entertainment memang sangat ketat dan tidak segampang yang kita bayangkan. Banyak artis yang berguguran karena tidak sanggupnya menerima persaingan yang teramat sulit.

Jika hanya bermodal tampang, dijamin artis tidak akan bertahan lama. Karena tampang adalah sesuatu yang segera sirna dimakan oleh waktu. Maka untuk terus bisa survive yang dimiliki oleh seorang artis adalah skill dan bakat yang luar biasa. Mereka terus survive karena karya bukan karena sensasi semata.

Hal yang saya garis bawahi juga dalam penyampaian mbak Wukan dalam acara tersebut adalah bahwa passion adalah hal yang harus dimiliki untuk mencapai tangga kesuksesan. Tanpa passion mungkin perjalanan karir kita sebagai apapun serasa tidak bernyawa alias asal ada saja. 

Passion adalah nyawa dalam mengerjakan apa yang kita geluti. Tanpa passion kita akan menjadi orang yang kehilangan arah dan gairah dalam melakukan sesuatu. 

Benar apa yang dikatakan Steve Jobs, Jalan satu-satunya untuk benar-benar puas adalah melakukan apa yang anda yakini sebagai karya besar. Dan, satu-satunya jalan untuk melakukan yang besar adalah dengan mencintai apa yang anda kerjakan.

Dengan passion, karya bahkan pencapaian besar akan lahir. Karena passion akan menumbuhkan perasaan cinta pada apa yang kita kerjakan. Passion yang membuat seseorang bertahan dalam impiannya meski ketika keadaan tidak sesuai dengan yang diharapkannya. 

Passion jugalah yang membuat seorang Michael Jordan tidak menyerah untuk terus bermain basket meski dia dikeluarkan dari tim basket di kampusnya. 

"Aku bermain basket karena aku mencintainya, kebetulah saja aku dibayar...".(Michael Jordan).

Jadi intisari yang bisa saya dapatkan dari acara Kelas Inspirasi Sinema tersebuat adalah bekerja sebagai apapun, baik itu guru, artis, blogger dan lain-lain, yang paling terpenting dan utama adalah kita bisa mencintai pekerjaan kita sehingga passion yang tinggi akan tumbuh dalam diri kita.

Dengan begitu seberat apapun persaingannya akan bisa kita lalui dengan mudah dan tanpa perasaan berat untuk menjalaninya. Dengan passion juga kita akan melakukan pekerjaan dengan ikhklas dan tulus serta tidak pernah terserang rasa bosan. Dalam proses pencapaiannya keuntungan materi (uang) bukan menjadi tujuan utama.

So, itulah yang bisa saya dapatkan dari cerita Inspirasi Mbak Wulan

Terimakasih Wulan Guritno

23 komentar:

  1. wah asyik ya bisa ketemu artis sekaliber mbak wulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik banget memang mas...mulus. hehehe

      Hapus
  2. Hahaha... modusnya boleh juga di tiru. Apalagi berhasil mengabadikan wanita cantik itu dari dekat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya modus yang mapuh memang mas...hahaha

      Hapus
  3. Emang butuh kerja keras supaya bisa jadi bintang besar yang sukses :D
    Btw gak selfie sama Mbak Wulan, Mas? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. selfie mbak..biarkan di simpan di album kenangan aja. hehehe

      Hapus
  4. Sangat setuju sekali, jika kita sudah mencintai pekerjaan kita...
    Segalanya jika dijalankan bisa lancar...
    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mas dedy.terimakasih sudah singgah mas

      Hapus
  5. wah asyik tuh kayaknya, belum pernah aku seumur2 ketemu attis kayak gitu mas,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener-bener asyik mas...beda banget sama di tivi. lebih mulus. hahahahah

      Hapus
  6. Keren gan, bisa deket sama artis sekelas Wulan Guritno, hehe...
    Di share juga ya gan, point2 penting dari acara tersebut.. trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. point nya cuma dua dulu gan, yang dijelasin diatas.

      Hapus
  7. sungguh luar biasa acara yang diadakan oleh kemdikbut semoga bisa meng inspirasikan banyak orang dan satu hal lagi mantap nih bisa ketemu bareng wulan nya :D

    BalasHapus
  8. amin mas,,,terimakasih sudah singgah

    BalasHapus
  9. passion itu memang penting bgt ya

    BalasHapus
  10. Sepertinya tidak hanya fokus keceritanya deh kang tapi pada orangnya juga nih kayanya, ya siapa sih yang tidak mengenal artis cantik wulan guritno.

    BalasHapus
  11. Wihii menginspirasi ya kelasnya mas. Dan tulisannya juga menginspirasi... apalagi dgn inspirasi dari banyak tokoh...

    BalasHapus
  12. Saya suka juga sama Wulan Guritno, selain cantik dia juga pinter
    Banyak menginspirasi, asik banget ya acaranya

    BalasHapus
  13. itu yang di foto siapa aja mas doni? hehe... ajak ka cibuntu ahh

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.