Belajar dari Konsep Briliant dan Idealisme .NET TV

Disaat stasiun televisi berlomba-lomba mengejar rating dan menyuguhkan tampilan yang kurang mengedukasi, lahirlah sebuah stasiun TV yang benar-benar menyuguhkan tanyangan yang berkualitas dan beda dari yang lain. Tidak mengejar rating semata namun acara yang disuguhkan sangat mengedukasi dan menghibur pemirsanya. Ya ! Stasiun TV itu bernama .NET TV.


Televisi yang diluncurkan pada tanggal 26 Mei 2013 ini mengusung slogan Televisi Masa Kini. Slogan ini seolah menjadi pembeda dari stasiun televisi yang lain.  Televisi yang berbeda dan lebih menitikberatkan pada kualitas program-programnya.

NET TV yang memiliki nama lengkap Net Mediatama Indonesia ini merupakan wujud idealisme dari sang pendiri Wisnutama yang ingin mendirikan stasiun TV sesuai dengan perkembangan jaman dan kekinian. Konsepnya sangat sederhana, disaat televisi lain ingin mengejar rating tinggi, maka NET hanya ingin mewujudkan ketenangan yang diimpikan oleh para penikmat acara televisi sehingga tak ingin menghadirkan konten televisi yang bersifat provokatif seperti program gosip atau perdebatan politik. 

Rasa tenang dan juga kenyamanan yang didapat penikmat televisi menjadi salah satu poin penting yang menjadi pakem dalam membuat acara-acara chanel NET TV.

Saya selalu melihat program yang ditanyangkan NET. memang sangat memikirkan kualitas dari pada mengejar rating tinggi. Terkadang iklan yang ditampilkan tidak banyak seperti stasiun TV lainnya. Ini membuktikan bahwa NET sangat konsen pada proses kreatif dalam membangun kualitas program.

Tidak hanya itu properti yang digunakan pun terkesan elagan dan super keren. Mengingatkan kita pada program-program stasiun televisi luar negeri. Hal ini tentunya sangat memperkaya khasanah dan fungsi kualitas dalam setiap programnya.

Apa yang bisa kita petik pelajaran sebagai seorang blogger?

Perkembangan internet yang sangat pesar dan luar biasa, membuat orang ingin berkecimpung di dunia blogger dan hal ini membuat jumlah blogger menjadi sangat banyak, tidak hanya ribuan melainkan puluhan juta blogger.

Tidak sedikit para blogger yang menggunakan jalan pintas untuk menjadikan bloggernya menghasilkan banyak uang dan bisa kaya raya dari aktivitas blogging. Tindakan-tindakan licik pun dilakukan, misal mengcopy paste hasil karya orang tanpa mencantumkan sumber, melakukan blackhat dalam SEO, sampai membuat konten yang asal-asalan. Mereka sangat memikirkan bagaimana memproduksi konten sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan kualitas konten itu sendiri.

Jika kita berkaca pada NET maka blogger-blogger seperti ini lah sangat jauh dari kesan berkualitas dan elegan. 

Untuk membuat konten yang berkualitas memang membutuhkan proses yang lama. Tidak boleh sembarangan jika hasilnya tidak mau sembarangan. Itu yang selalu pegang teguh di setiap membuat konten demi konten di blog ini. 

Tahap yang paling susah adalah mencari ide tulisan. Ini bisa membutuhkan waktu yang lumayan lama. Kadang jika kita paksakan terkadang mentok dan semakin membebani kita sebagai blogger. Sebaik-baiknya hal yang dilakukan untuk mendapatkan ide menulis adalah banyak berinteraksi dengan orang, media dan alam bawah sadar kita, karena ide briliant akan kita dapatkan pada saat itu.

NET seolah mengajarkan pada kita bahwa membuat konten yang berkualitas haruslah out of the box dan berbeda dari kebanyakan konten program. Setelah mendapatkan ide menulis adalah biarkan imajinasi kita berkembang untuk melahirkan konten berkualitas. Lewat imajinasi kita bisa berkelana kesana kemari untuk mendapatkan hasil konten yang benar-benar bermanfaat, menginspirasi dan berkualitas.

Saya selalu suka denga kalimat nasehat dari Albert Einstei, "Imajinasi adalah segalanya. Imajinasi adalah penarik masa depan. Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan."

Dalam membuat konten blog, pengetahuan hanya digunakan untuk memperkaya tulisan tidak membuat konten menjadi berkualitas. Yang membuatnya jadi berkualitas dan memiliki daya tarik adalah berkat imajinasi yang luar biasa.

Nah apa yang ditampilkan NET juga merupakan buah dari imajinasi dan proses kreatif yang luar biasa. Dalam memproduksi, pastinya semua kru memiliki daya pikir yang kuat ditambah proses imajinasi yang membuat konten NET benar-benar berkualitas.

Dari sanalah, dalam setiap blogging saya selalu menerapkan konsep acara NET TV. Luapakan SEO yang kadang membuat kita terbelenggu. Menulislah dengan hati dan imajinasi. Karena sesungguhnya hal itu merupakan kekuatan seorang blogger yang memiliki idealisme. 

Jangan terpaku pada bagaimana artikel saya bisa masuk page one Google, atau keyword apa yang harus saya gunakan. Saya yakin, bila teman-teman terbelenggu dengan itu, maka pikiran kita seperti terpenjara dan larut dalam ketidakbebasan menuangkan ekspresi sebagai blogger.

Bagaimana menjadi blogger yang punya idealisme?

Setelah kita belajar dari konsep NET dalam mengusung program, maka selanjutnya adalah bagaimana menjadi blogger yang memiliki idealisme? Karena NET juga bisa begitu karena idealisme yang tinggi. Tidak melihat uang sabagai segalanya.

Sebelum saya uraikan bagaimana menjadi blogger yang memiliki idealisme, kita harus pahami dulu apa itu idealisme.

Menurut saya, Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Idealisme tumbuh secara perlahan dalam jiwa seseorang, dan termanifestasikan dalam bentuk perilaku, sikap, ide ataupun cara berpikir.

Jadi secara singkat, idealisme adalah kekuatan diri untuk menyakini sesuatu yang menurut kita benar. Disini hal yang terpenting adalah cara berpikir yang benar. Tidak termakan realitas yang ada. Dari idealisme ini lah akan lahir pemikiran-pemikiran besar, seperti apa yang dilakukan Bung Karno terhadap negeri ini.

Namun seiring sejalan, idealisme ini akan luntur oleh proses realitas dalam hidup. Misalnya uang atau tahta. Lewat dua hal ini sifat idealisme akan mudah terpengaruh sampai tidak lagi memiliki idealisme.

Begitupun saat menjadi blogger, saat kita memiliki idealisme tinggi, lalu melihat teman kita mendapat puluhan ribu dollar, maka idealisme yang sudah ditanam dalam dirinya terlupakan begitu saja. Ia lalu ngotot menjadikan uang adalah tujuan utama dalam blogging. Hal ini tentunya akan berakibat buruk, jika cara-cara yang dilakukan buruk. Mengingat dunia blogging itu membutuhkan fase waktu yang lama untuk bisa sukses dan menikmati hasilnya.


Oke saya akan menguraikan bagaimana menjadi blogger yang idealisme versi saya setelah melihat konsep idelisme dari NET. Saya yakin teman-teman pun punya cara masing-masing untuk menjadi blogger yang punya idealisme.

1. Menulislah dengan hati

Menulis adalah menyalurkan isi pikiran dalam bentuk tulisan. Hal ini yang terkadang sering kita abaikan, bahwa membawa hati kita dalam tulisan adalah sebuah yang penting untuk membawa pembaca terbawa emosinya dan bisa mengapresiasi tulisan kita. 

Kebanyakan dari kita menulis itu dengan SEO dan mendewakan google. Saya tidak mengatakan bahwa SEO dan Google itu tidak penting, tapi jika itu sudah merasuki alam pikiran kita, kita bakal jadi blogger yang hanya mementingkan bagaimana caranya mendapat sesuatu tanpa diiringi ketuluasan dalam menulis.

2. Menuangkan isi kepala dengan penuh kreativitas

Kreativitas adalah memanifestasikan diri pada pencapaian yang berkualitas. Jika sudah begitu, kita akan selalu berpikir bagaimana menghasilkan konten yang kaya pemikiran sekaligus memimiliki manfaat, minimalnya menggugah.

Rujukannya bukan uang semata. Proses kreativitas memungkinkan kita menemukan jalan pemikiran yang mengalir dan setiap prosesnya akan selalu kita nikmati. Berbeda jika kita selalu berpikir uang. Yang timbul adalah kepenatan jika uang tak kunjung hadir saat kita mendalami dunia blogging. Dan akhirnya kita pergi dari dunia blogging yang asyik ini.

3. Tujuan utama adalah selalu bermanfaat untuk orang lain

Bagi saya, menjadi blogger yang punya idealisme adalah blogger yang tidak berpikir menjadi yang terbaik, tapi selalu berpikir untuk selalu bermanfaat bagi orang lain. Karena blogger terbaik belum tentuk bermafaat, tapi blogger yang bermanfaat pasti memiliki nilai kebaikan untuk sesama dan lingkungannya. Terbaik itu relatif, namun bermanfaat itu sudah pasti.

4. Selalu berpikir maju 

Berpikir maju bukan berarti harus berlari jauh ke depan. Seperti hanlnya NET yang selalu berpikir kedepan dalam setiap pencapaiannya, maka sebagai seorang blogger, kita harus punya arah yang jelas kedepannya.

5. Lupakan uang,uang dan uang.

Seperti yang sudah saya sebutkan di point kedua, lupakan uang. Yang harus segera kita lakukan adalah menikmati proses kreatif dan selalu mengupayakan kualitas dalam setiap tulisan yang kita buat.

Saya juga masih terus belajar menuju proses itu. Namun saat tekad sudah semakin bulat maka kita akan selalu senang menjalani. Kaya uang bukan segalanya, tapi kaya pemikiran adalah hal utama yang harus dicapai blogger dimanapun.

Intinya menulislah untuk manusia bukan untuk mesin pencari.

Sekian. Adios.


37 komentar:

  1. Waah sharing yg "menyemangati", still content is the king ya...
    Menghadirkan kontennyg bermanfaat pd akhirnya jg berpengaruh pd SEO

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat sekali mbak ophi,,,semangatttt

      Hapus
  2. Media TV memang membawa dampak sangat signifikan di masyarakat. Jadi mungkin memang konsep .NET TV perlu dicontoh bagi stasiun TV yang lain dalam memberikan tayangan yang bermanfaat. Di sisi lain masyarakat juga perlu edukasi dalam memilih stasiun TV yang baik. Walaupun produknya jelek tapi ramai pasti yang jualan semakin banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali..dan tv di indonesia skr sudah mengalami penurunan kualitas

      Hapus
    2. krn memang banyak org menonton tv utk sekedar ntn setelah penat seharian beraktivitas... Kl mengutip temen saya, butuh tontonan yg gak perlu mikir... :)))))))

      Hapus
  3. NET TV satu-satu nya stasiun TV yang sering aku tonton suka banget dengan konsep-konsepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak...net memang sudah memberikan semangat berkarya yang luar biasa

      Hapus
  4. Tetap kembali ke fitrah bahwa content is a king. Menghasilkan konten yang berkualitas memang nggak mudah, apalagi menemukan gaya bahasa blog kita. Memang sih kalau udah rasain duit dari blog itu memang kudu perhatiin bla bla bla, tapi ada baiknya memang menulislah dari hati tanpa sering memikirkan ini itu bla bla bla ^^

    Saya salah satu penggemar NET tv, hadir diantara tv yang mainstream, ide-ide mereka hebat, acara yang dihasilkan pun berkualitas. Memang seperti itu jika ingin bersaing, out of the box.
    Dan menjadi out of the box emang nggak mudah :D

    Btw, nice sharing mas ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat sekali mbak rani,,,semoga kita selalu kembali ke fitrah. menulis dengan hati dan membuat konten yang berkualitas

      Hapus
  5. Hallo bg. Salam kenal dari gue, Pangeran Wortel.

    Gue baca post ini boleh dibilang berkali-kali bg. Karena materinya lumayan berat. Soalnya guekan newbie banget di dunia Blogger.

    Bener semua poinnya dan setuju sama semua poin yang abang bahas. Apalagi bagian karakter yang harus memang semua Blogger punya. Selain biar pembaca gampang ingat, ya bisa juga membuat pembaca ngerasa lebih dekat karena kita punya karakter sendiri.

    Makasih ilmunya bg...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas heru yang gokil,..makasih udah mampir ke blog ini

      ya sepakat mas,,,karakter blogger memang haru terbentuk dengan baik.

      happy blogger mas

      Hapus
  6. Menginspirasi sekali tulisanya mas...kalau saat ini buat saya orientasinya optimasi konten dulu, terus belajar nulis dan nulis...saya percaya, suatu saat rejeki dari aktivitas ngeblog pasti akan datang juga. Nice sharing mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mas inggit...terimakasih sudah mampir,,,semoga aktivitas yang kita lakukan bermanfaat bagi banyak orang

      Hapus
  7. wuihhh mantabbb, saya masih belum tau black hat kayak gimana, sekarang mah nulis sesuai keinginan aja, dan kalau mau ya ikutan lomba untuk mengasah diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut sepengatahuan saya, blackhat adalah melakukan cara-cara kotor dalam melakukan optimasi SEO. Ini dilakukan agar bisa nangkring di page one.

      bEtul sekali mbak..sebaiknya menulis berdasarkan keinginan yang dalam.

      Hapus
    2. nah cara2 kotornya saya gak tau, ya udah gak usah tau aja ya hehe, saya jarang nonton tv malah belum nonton lagi, tapi kalau lihat NET perkembangannya bagus, benr dia tv yang idealis. tayangannya tidak menjerumuskan

      Hapus
  8. masnya ini semuanya dilakoni yah, pengetahuannya luas, sampai dengan SEO, seorang dosen, guru, wirausaha, dan blogger juga yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa aja mas. ini kebetulan saja berbarenga. hihihi

      Hapus
  9. Halo salam kenal,

    Yaa sama seperti banyak dilakukan disetiap workshop yang pernah saya hadiri. Konten adalah raja. Sama juga dengan yang sudah dituliskan di atas. Namun, saya masih tergolong baru untuk masalah blogging. Tujuan saya masih satu, bagaimana tulisan saya bermanfaat. Itu aja yang saya 'pikir' bermanfaat ternyata belum tentu juga punya manfaat bagi yang lain.

    Karena itu, saya masih belajar dan belajar lagi. Menikmati proses mencari kebermanfaatan yang bisa saya tuangkan dalam tulisan.

    Terima kasih artikelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat mbak ipeh.,,
      mari menjadi manusia yang bermanfaat

      Hapus
  10. Net, satu2nya TV lokal yang saya tonton hehehe.
    Iya, kadang kalau sudah lelah dengan SEO, saya yang penting nulis yg bisa bermanfaat buat org, udah lah hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak...yang oint pentingnya adalah bermanfaat saja

      Hapus
  11. Aku gak pernah liat TV nih. Aku kalo nulis gak pernah pake SEO, nulis ya nulis aja. Selesai. :D Soalnya ngeblog itu buat happy

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ngeblog emang harus dibaa happy mmbak,,,semangat...

      Hapus
  12. Hallo mas, salam kenal.
    Saya suka sekali dengan konsepnya NET ini. Emang bener masa kini ya hiihihihi, trus yang saya suka lagi tampilan warna dan kejernihan gambarnya itu kece banget. Nah, saya setuju tuh sama "lupakan uang". Ngeblog dapet uang sih oke, tapi kalau semua hal diitung dengan uang saya jadi jengah juga hihihihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak roosvansia..salam kenal juga...

      bener banget mbak...lupakan uang dan fokus pada kualitas diri sehinga kontennya juga berkualitas

      Hapus
  13. Kalau yang saya suka dari net.tv adalah acaranya komedinya karena lucu banget deh bikin perut melilit abis, gokil banget deh mas.

    BalasHapus
  14. Tetangga masa gitu pemerannya irit cuma 4 org tapi rame, NET. memang top ya?

    BalasHapus
  15. kalau lihat net. jadi keinget dot net di windows
    Obat Batuk Anak Herbal

    BalasHapus
  16. Cuman suka ama NET TV, ngga khawatir ditonton anak anak tayangan sinetronnya kaya OK Jek dan kelas internasional. Kapan ya tv lokal begitu semua huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. masalahnya adalah anak2 yang harus kita save dari pengaruh acara yang tak baik di tivi

      Hapus
  17. suka sama acaranya NET TV terutama yang OK Jek dan Berpacu dalam melodi :)

    BalasHapus
  18. NET memang beda dibanding sebelah ,,

    bisa juga dianalogikan dalam nge blog ,,hanya saja kesulitannya dalam mencari ide untuk menambah feed dalam blog,,walau memang sih,tugas utama adlaah bermanfaat bagi orang lain :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.