Jumat, 13 Mei 2016

Traveling vs Liburan : Mana yang Menarik?

Saat menonton film Ada Apa Dengan Cinta 2. Ada adegan menarik yang saya ingat. Bukan saat si Rangga kemudian bertemu si Cinta atau adegan ciumannya. Hehe. Tapi satu adegan saat Rangga mengajak Cinta pergi ke sebuah daerah yang melewati hutan belantara dan itu dilakukan hampir mendekati subuh. 

Cinta akhirnya penasaran dan bertanya pada Rangga, kenapa Rangga mengajaknya ke sini? Ada penjelasan Rangga yang membuat saya catat baik-baik. Dalam adegan tersebut Rangga menjelaskan arti traveling dan liburan. Ini yang kemudian saya bisa jabarkan.



Liburan

Menurut Rangga, liburan adalah perjalanan yang sudah ditentukan secara terperinci. Mengunjungi dari satu tenpat ke tempat lain dengan jadwal yang sudah diatur dan ditentukan. Yang dinikmati adalah objek wisatanya, bukan perjalanannya. Nilai tantangannya nyaris tidak ada. 

Itu menurut mas Rangga. Kalo menurut saya, konsep liburan tidak membangkitkan adrenalin. Apalagi jaman sekarang, orang pergi ke suatu tempat hanya untuk berselfie ria. Mengabaikan nilai keindahan dari tempat tersebut. Mereka memandang tempat tersebut hanya untuk ke-eksisan dirinya sendiri. Memang benar kata mas Rangga, konsep liburan tantanganya nyaris tidak ada. 

Liburan memang sangat cocok untuk seseorang yang sangat suka berkelompok dan tak mau repot. Cukup menghubungi agen traveling dan memilih paket yang diinginkan. Cukup praktis bukan?

Traveling

Menurut Rangga, konsep traveling yaitu lebih pada menikmati perjalanannya bukan pada tempat yang dituju. Dalam traveling, kenikmatan dan tantangannya ada pada kejutan-kejutan yang akan terjadi dalam perjalan. 

Menurut saya, traveling memang cocok bagi yang suka menyukai tantangan dan berjiwa bebas. Bagi mereka yang menyukai hal ini, traveling bisa dijadikan bahan referensi menulis yang baik jika ia memiliki blog pribadi. Bisa menjadi sarana buat bertukar informasi. Karena setiap detail perjalanan akan selalu dicatat dan menyuguhkan pengalaman yang berharga.

Namun dibalik tantangan yang ada. Traveling sangat bahaya bagi yang tidak pengetahuan cukup tentang traveling. Kadang energi besar sangat dibutuhkan dalam kegiatan ini. Rasa capek dan lelah akan sangat tarasa, mengingat rute yang dilalui tidak direncanakan terlebih dahulu.

Apa yang saya paparkan diatas memang memiliki kekurangan dan kelebihan. Yang penting kita semua happy menjalaninya. 

So, menarik yang mana?

13 komentar:

  1. kalo saya pribadi kayaknya lebih memilih traveling, soalnya bisa mengenal lingkungan dan masyarakat sekitar secara mendalam dan tanpa sungkan-sungkan biasanya kita butuh atau perlu berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, menjadikan hal tersebut pengalaman yang sulit terlupakan...
    tetapi persiapan mental dan material untuk traveling kayaknya jauh lebih berat dibandingkan dengan liburan yang sudah direncanakan sebelumnya,. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mas fajar,,,traveling memang bisa mengenal lingkungan dan bisa lebih memaknai lebih dalam

      Hapus
  2. kalo saya lebih memilih liburan mas, krena memang bener bener sudah disiapkan segala kebutuhannya. salam kenal mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apapun pilihannya yang penting hepi ya..salam kenal juga,,,

      Hapus
    2. kalau liburan tujunanya memng untuk mencari ke hepian mas. hehee

      Hapus
  3. wah sebetulnya sama2 mencari kesenangan ya, aku juag suka menikmati keindahan, mencari banyak wawasan dari tempat yang aku kunjungi

    BalasHapus
  4. Travelliiiiing. Hehe. Etapi, pernah, Mas, aku baca satu postingan yang membahas mengenai travelling vs backpacker. Di mana dalam hal ini travelling diibaratkan itu liburan yang sudah menggunakan jasa agen atau memanfaatkan kemudahan yang ada, kalau backpacker itu seperti travelling yang dibicarakan dalam postingan ini, "menikmati setiap kejutan dalam perjalanan" :D

    BalasHapus
  5. Liburaaaannnnn. Belom pernah travelling soalnya. Hihihihi. Kalo menurut aku mungkin liburan lebih simpel daripada travelling ya, travelling butuh persiapan yang lebih matang dari sekedar liburan. Hehehe

    BalasHapus
  6. kalau saya lebih milih liburan, liburan bersama keluarga, itu udah sangat menyenangkan banget.

    BalasHapus
  7. 2-2 nya menarik :).. aku rutin traveling bareng suami.. kita sebenernya sih ga buta2 amat kalo mw jalan.. at least udh cari tau dulu ada objek apa aja yg menarik.. tapi kita ga ngoyo kalo tempat2 itu hrs didatangin.. liat sikon juga, dan mood saat sampai di sana ;p.. bisa aja kita berubah pikiran , apalagi kalo ketemu travelers lain di sana yg cerita ada tempat lain yg lbh menarik ;)

    nah kalo liburan, ini biasanya kalo pergi ama anak ato temen2 kantor mas.. krn biasanya lbh singkat juga waktunya, jd semuanya aku bikin terjadwal biar waktunya ga kebuang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak fanny atas share nya...

      Hapus
  8. sebenarnya masih bingung juga dengan kedua kata itu,, tapi intinya sih, sama-sama membuat diri relax dari segala hal yang membuat penat,, *Duhcakap apa ini,, :D

    BalasHapus
  9. Harusnya liburan sh ..
    dari definisi mas doni,travaelling membutuhkan waktu yang cukup banyak .....
    yah,sedangkan kita punya kewajiban bekerja :)

    BalasHapus