Menemukan Jati Diri Lewat Ngeblog

Bagi banyak orang menilai kegiatan ngeblog atau blogging adalah kegiatan yang menghabur-hamburkan waktu atau enggak ada kerjaan. Namun menurut saya dan banyak blogger di alam dunia ini, hal itu sepenuhnya salah. Ngeblog adalah masalah cita rasa. Semuanya bebas menilai baik atau buruk. Tapi dalam ngeblog ada makna luas yang bisa kita dapatkan. Apa itu? Jawabannya adalah mengenal Jati Diri.


Oke, akan saya jelaskan sekarang !

Dalam dunia blogging ada yang disebut niche atau tema blog. Dari sini saja sudah ketahuan siapa kita. Bila blog kita bertemakan traveling maka jati diri kita adalah seorang petualang dan memiliki jiwa terbuka. Jika blog kita bertema kuliner, maka jati diri kita adalah seorang yang suka dengan hal-hal baru dan menyenangkan. Dan bayak lagi. Dan banyak lagi.

Lewat blog kita bisa mencurahkan segala sesuatu yang ada di kepala. Tentunya hal ini akan melatih pola pikir secara baik. Jika pola pikir sudah terpola dengan baik, maka yang didapatkan adalah kita bisa menjalankan hidup dengan sebaik-baiknya. Tidak semrawutan. 

Pola pikir adalah alur yang akan mengarahkan dan menuntun kita hidup. Jika pola pikir kita kacau maka hidup kita pun kacau. Dan itulah yang disebut jati diri. Hal ini bisa dilatih lewat ngeblog.

Blog adalah media aktualisasi diri yang sangat baik. Lewat blog kita bisa bertukar sapa dan berbagi informasi. Kita bisa melakukan study banding kecil pada blog-blog lain atau dalam istilah disebut blogwalking. Blogwalking adalah ajang silaturahmi dengan blog lain. Lewat media ini, kita bisa membandingkan pola pikir kita dengan pola pikir orang lain, dengan begitu kita akan mengenal siapa kita. 

Menurut saya, kegiatan blogging adalah kegiatan yang sangat bermanfaat dan menyenangkan. Mengapa? karena dengan ngeblog saya jadi tahu bagaimana aktualisasi diri bisa tersalurkan. Saya bisa mengekspolasi kemampuan saya dalam menyalurkan ide pemikiran. Saya bisa mendapatkan banyak teman sesama blogger yang bisa saya mintai ilmunya. Hal ini lah yang membuat saya jadi paham akan jati diri saya sebenarnya. Tanpa ngeblog, mungkin hidup ini terasa garing karena ide-ide di kepala akan tersumbat dan tak ada wadah penyaluran.

Tapi jangan juga memaksakan dalam ngeblog, saat pikiran kita buntu untuk menulis sesuatu, lebih baik cari kesibukan atau kegiatan yang lain agar kita bisa mendapatkan ilham. Intinya, ngeblog harus jadi passion. Jika sudah begitu, maka nikmatnya ngeblog akan terasa walau apapun yang terjadi.

Have nice blogging !


10 komentar:

  1. "Tapi jangan juga memaksakan dalam ngeblog, saat pikiran kita buntu untuk menulis sesuatu, lebih baik cari kesibukan atau kegiatan yang lain agar kita bisa mendapatkan ilham..." :D

    BalasHapus
  2. bener juga ia, kita bisa lihat isi konten suatu blog maka kita bisa tahu jati diri seorang blogger tersebut.

    salam kenall

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih itu dia mas,,,sepakat sekali saya

      Hapus
  3. sampai sedetail itu.. bagaimana jika blognya terlalu acak adut kontennya?

    okey, salam kenal Mas Doni

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu menandakan pribadi dia acak2an juga mba,,,hehehe

      Hapus
  4. Kalau blog isinya gado-gado berarti orangnya? Munurut ane menyimpulkan karakter blogger dari tema blognya itu keliru. Karena beberapa blogger malah memilih tema tertentu yang bukan hobi apalagi passionnya hanya agar blognya banyak pengunjung karena tema itu adalah top search di mesin pencari.

    Bahkan ada beberapa pemain blog yang punya 200/blog untuk menghasilkan uang.

    BalasHapus
  5. Setuju saya, blog adalah media aktualisasi diri yang baik. Sekaligus media untuk membangun personal branding yang ekselen. Dengan blog orang jadi tahu siapa kita. Dan apa yang kita lakukan. Di dunia online, You are your blog!

    BalasHapus
  6. setuju.. blogging sesuai minat...

    BalasHapus
  7. blog saya masih gado-gado Mas :)
    btw siapa tuh yang berpendapat "kegiatan ngeblog atau blogging adalah kegiatan yang menghabur-hamburkan waktu atau enggak ada kerjaan?" sepertinya orang yang bilang itu belum mengetahui bahwa banyak hal yang bisa di dapatkan dari ngeblog, salah satunya menghilangkan stress dan mendapatkan banyak teman baru :)

    BalasHapus
  8. setuju bangat untuk aktualisasi diri. kadang yang tadinya nga tau mau nulis apa, pas baca-baca tulisan teman dengan blogwalking bisa tiba-tiba dapat ide yang sesuai niche kita. salam kenal yach mas doni :-)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.