Senin, 23 Mei 2016

Jadi Blogger Terkenal Itu Bukan Segalanya

Kadang ngiri juga jika melihat para blogger top yang berkibar namanya di dunia perinternetan. Dengan skill mereka yang mumpuni, mereka bisa menjadi hits di kalangan para blogger. Namun, apakah dengan terkenal itu pencapaian yang segalanya?

Bagi saya, TIDAK. Jadi terkenal bukan segalanya. Pencapaian besar jadi seorang blogger hendaknya bisa bermanfaat dan menginspirasi banyak orang. Sebab jadi terkenal itu bisa dengan apa saja, termasuk melakukan hal-hal curang dan menghalalkan segala cara.


Saya mengenal dunia blogger sejak tahun 2008 silam, tujuan utama saat itu adalah ingin berbagi pemikiran yang semoga bisa menginspirasi. Dengan tulisan lah, kita bisa menuangkan ide dan gagasan tentang apa saja. Terkenal bukan tujuan utama. Yang terpenting adalah tulus dalam menulis dan berusaha menyampaikannya pada semua orang.

Melalui tulisan ini,  saya tidak melarang untuk menjadi terkenal. Karena itu hak siapa saja. Tapi dengan tulisan ini saya juga ingin menganjurkan untuk menulis dengan tulus dan berbagi hal yang bermanfaat bila perlu menginspirasi. Jangan termakan teknik-teknik dalam blogger yang kadang menyesatkan. 

Selanjutnya adalah janganlah orientasi ngeblog untuk mencari uang yang banyak. Bisa kaya dan makmur sejahtera. Sebab orientasi seperti itu akan membuyarkan semangat dan idealisme kita untuk melakukan hal yang terbaik. Toh jika blog kita bermanfaat dan disukai, uang akan dengan sendirinya akan mengikuti kita.

Fenomena blogging saat ini memang sangat luar biasa. Banyak para praktisi internet memprediksi bahwa blogger adalah pekerjaan masa depan yang sangat menjanjikan. Namun, kadang saya melihat banyak para blogger yang terjebak pada nafsu ingin kaya atau ingin terkenal, maka dia melakukan pekerjaannya secara membabi buta. Tidak tulus dan terkesan egosentris.

Banyak sebenarnya tips bagaimana menjadi blogger yang handal, tapi handal saja tidak cukup. Perlu kebesaran hati untuk bersabar mengikuti irama waktu. Sebab ngeblog tidak seperti makan cabai, yang akan langsung terasa rasanya. Ngeblog ibarat merawat pohon jati, perlu kesabaran yang lama untuk bisa menuai hasilnya. 

Yang harus kita ingat adalah 'hasil yang itu tergantung dari apa yang kita semai'. Jika kita menyemai dengan baik, maka hasilnya pun akan baik. So, enjoy with your blogging and keep your idealism.

22 komentar:

  1. Bersenang-senanglah dengan blog.

    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak...mari bersenang-senang...

      Hapus
  2. Ngebloglah dengan passion, itu yang disebut blogger sejati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepat sekali mas triadi...karena itu energi yang tak terhingga..

      Hapus
  3. Mudah2an sampai sekarang masih bisa menjaga idealisme dalam ngeblog. Menulis dengan tulus dan berbagi hal yang bermanfaat bila perlu menginspirasi ---> setuju ! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mbak molly,,,keep spririt ya..

      Hapus
  4. semoga bisa ngeblog terus dan menghasilkan tulisan yang bermanfaat dan mengispirasi kayak mas ini ahh,, sukses terus mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiinnnn mas...terimakasih. semoga mas juga ya,,,salam kenal

      Hapus
  5. Keep writing, keep sharing :) enjoy blogging, salam kenal dari Sidoarjo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mbak vanda,,,salam kenal dari bandung

      Hapus
  6. kalau saya, masih newbie, jadi ngeblog itu tempat untuk menuangkan ide dan membagikan informasi yang baik, dan mudah2 an bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus berkarya saja mbak,,,semoga bisa bermanfaat bagi banyak orang. salam kenal

      Hapus
  7. Ah ya... terkenal itu bukan segalanya. Yang terpenting menulis dengan hati, bersedia membagi.

    Saya melihat banyak blogger yang semakin getol mencari uang dari blog hingga mengabaikan nurani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah mbak,,,semangat terus memblogger dan berkarya

      Hapus
  8. setujuuu,, aku juga gak pengen terkenal atau jadi seleb blog, yang penting tulisan yang aku posting bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat yang baca. soal uang itu bonus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia mbak...jadiian terkenal dan uang adalah bonus. yang terpenting adalah bermanfaat bagi orang banyak

      Hapus
  9. Kalau saya mah blog dibuat untuk kesenangan saja bukan untuk terkenal kang jadi kalau masalah terkenal dan gaknya itu belakangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kang,,,bersenang-senang lah dengan blog karena itu akan menyenangkanmu.

      Hapus
  10. Banyak pelajaran berharga yang saya dapat dengan membaca blog kang Doni, begitu maknyes dan adem rasanya membaca tulisan-tulisannya.. Sukses terus kang dengan karya-karya berikutnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah,,,terimakasih banyak kang maman. semoga bisa konsisten

      Hapus
  11. buat saya ngeblog buat ngelepas stress. duit + terkenal itu hanya bonus (y)

    BalasHapus
  12. Kalau saya sendiri ngeblog = membuat catatan :D

    BalasHapus