Berpikir Out of The Box

Saya sangat yakin bahwa di dunia ini banyak sekali orang kreatif dan bisa berpikir berbeda dari kebanyakan orang. Orang-orang seperti inilah yang kita sebut dengan orang yang berpikir out of the box. 

Mereka selalu berpikir di luar kebiasaan atau suka disebut orang yang nyeleneh. Tidak mau biasa-biasa saja dan memegang prinsip 'sayang jika hidup tidak dimanfaatkan dengan cara biasa'. Baginya pencapaian besar adalah target utama. Jalan hidupnya selalu diisi oleh hal-hal yang optimis dan berbeda dari kebanyakan.

Saya merasa belum bisa berpikir out of the box, namun sering melihat beberapa orang yang berpikir seperti itu. Mereka menggunakan pikirannya dengan cara-cara yang kreatif dan unik,  tidak menggunakannya untuk berpikir logis seperti kebanyakan orang umumnya. Orang seperti ini akan selalu berusaha melihat masalah sebagi sebuah bahan untuk proses kreatifnya. Cara pandangnya sangat luar biasa.

Berpikir out of the box biasanya akan lahir dari cara pandang yang selalu imajinatif dan penuh ledakan-ledakan yang mengejutkan. Di otaknya tersimpan penggerak bagaimana menciptakan sesuatu yang tidak lazim dan bisa menjadi pembeda dari semua orang. 

Salah satu yang saya orang kagumi adalah Richard Feynman. Siapa dia? Dia adalah fisikawan nyentik yang pernah dilahirkan. Disaat ilmuwan fisika selalu berpikir serius, maka Ia selalu berkebalikan. Dia adalah sosok yang humoris dan menyenangkan. Kehidupannya sangat sederhana dan tidak mau dibayar tinggi untuk pencapaian-pencapaiannya. Bagi Feynman, kehidupan orang-orang yang dibayar tinggi hanya untuk duduk dan memikirkan sesuatu luar biasa membosankan. Ia selalu merasa senang mengajar. Jika ia tidak sedang berada dalam kondisi produktif, Feynman bersyukur ia masih dapat berdiri di depan kelas dan menghadapi siswa-siswanya. Feynman adalah seorang pengajar yang baik. Ia disebut sebagai great explainer.

Saya sepenuhnya tidak mempercayai ungkapan terkenal "Hidup itu kadang dibawah, kadang diatas seperti putaran roda". Mengapa? karena dari ungkapan itu tersirat bahwa keadaan hidup bisa berganti kapan saja dan tak begitu tak terduka. Seakan-akan kita menyerahkan hidup pada waktu. Padahal ada satu cara agar kita bisa terus bertahan di posisi atas, yaitu dengan cara melawan arah putaran roda, seperti yang dilakukan hamster yang bisa bertahan di tempat semula, karena ia melawan arah putaran roda.

Malawan arah putaran roda maksunya adalah kita bisa berani beda dengan yang lain. Tidak melulu mengikuti arus, tapi harus bisa melawan arus. Walau rintangannya akan sangat berat. Tapi percayalah bahwa pemenang kehidupan itu adalah orang-orang berani tampil beda dan bisa berpikir out of the box.

6 komentar:

  1. Nice sharing nih mas..

    Kadang berpikir out of the box emang penting, biar bisa melihat lebih dari yang sudah ada.Untuk menghasilkan karya kreatif juga setuju banget harus out of the box. Eh, kita juga blogger harus bisa kayak gitu ya heheheh gimana meramu satu tren menjadi satu tulisan menarik yang tidak mainstream :D

    Salam kenal, Mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mbak ranny...harus kreatif intinya..salam kenal juga

      Hapus
  2. Benar mas doni... Memang kita harus berani beda. Bukan karena kita mau membedakan diri. Tapi karena kita berani menjadi diri sendiri yang unik. Mengenai hidup kadang di atas kadang di bawah, ya memang tidak bisa kita kontrol apa yang datang dalam hidup kita. Tapi menurut saya, kita selalu bisa mengontrol cara kita menghadapinya. Kita selalu bisa mengontrol sikap kita.

    Terima kasih sharingnya mas. salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mas edward...sikap kita harus kita kontrol dengan baik

      salam kenal

      Hapus
  3. Inspiratif sekali mas doni postingan nya.. berpikir kreatif emang yg diperlukan ketika mengahadi masalah.. Terimakasih salam kenal

    BalasHapus
  4. Out Of The Box juga didasari oleh kreatifitas, jadi berkreatiflah sebisa mungkin. Artikel menarik!

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.