Rabu, 04 September 2013

Hidup Itu Tak Boleh Sederhana ...


Dulu saya berprinsip bahwa hidup harus dijalankan sesederhana mungkin. Namun prinsip itu berubah setelah saya membaca sebuah status di facebook. Entah siapa yang menulis, saya lupa lagi. Isi statusnya adalah "Hidup itu tidak boleh sederhana. Hidup itu harus kuat, tangguh, besar dan Hebat. Yang sederhana itu sikap saja". Tertegun saya membaca status ini. Lalu saya rubah semua pemikiran tentang hidup sederhana.

Memang benar. Hidup itu harus kuat. Kuat disini berarti memiliki mental baja dan jiwa yang kuat. Kuat menghadapi rintangan yang ada. Tak cepat putus asa menghadapi kesulitan apapun. Ini sangat diperlukan dalam menjalani hidup. Mengingat perkembangan jaman semakin pesat. Jika kita bermental tempe, maka habislah kita.

Kata tangguh mengandung makna yang besar. Tangguh dapat diartikan tetap bertahan survive walau apapun yang terjadi. Saya berpikir bahwa menjalani hidup harus seperti kaktus, yang hidup ditengah terpaan cuaca ekstrim. Dia tetap kokoh menjalani hidup. Berbeda dengan seekor laron yang menghabiskan hidup hanya sebentar. Hinggap di cahaya kemudian mati sia-sia. Jadilah seperti kaktus yang hidup begitu hebatnya. 

Besar disini bisa diartikan bahwa menjalani hidup itu harus berguna untuk sesamanya. Banyak memberi ketimbang menerima. Dengan begitu hidup kita akan besar dan bermanfaat. Menjadi besar bukan berarti harus menjadi tokoh terkenal yang dipuja dimana-mana. Tapi besar dalam arti kebesaran jiwanya dalam negarungi hidup.

Dan ketika kita menjalani hidup, sikap saja yang sederhana. Hidup ini sangat singkat dan sayang jika dilewatkan dengan kesombongan dan keegoisan. Karena akan dibuat rugi jadinya. Semoga hidup kita penuh berkah, Kawan!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar