Belajar Itu Harus Mencoba, Tidak Mendengarkan Saja


Apa jadinya kalo pengen bisa nyetir mobil malah selalu membaca teori menyetir tanpa pernah mencoba? Sang pelatih selalu memberikan instruksi dan instruksi bagaimana mengendarai mobil yang baik dan benar. Aneh bukan?. Bagaimana pula ketika kita diminta menjelaskan tentang rasa kopi tapi kita belum pernah menyicipi rasa kopi.

Belajar menurut kamus adalah sebuah proses dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak paham menjadi paham. Jadi jelas bahwa proses untuk menjadikan bisa itu harus ada cara yang jitu, yaitu MENCOBA. Ketika mengajarkan fisika di kelas, saya berpedoman bahwa untuk menjadikan siswa paham dan bisa fisika, maka cara terbaik adalah menyuruh mereka untuk mencoba mengerjakan soal-soal. Karena jika saya terus menerangkan pada mereka, maka yang pintar itu bukan mereka, tapi saya.

Kenapa harus mencoba? karena dengan mencoba kita akan selalu ingat apa yang dipelajari. Para peneliti menyatakan bahwa ketika belajar dengan cara mendengarkan saja, maka ilmu yang terserap hanya 30% saja. Sedangkan jika belajar disertai mencoba maka, ilmu yang masuk dan kita serap itu sekitar 90%. Jadi jelas, dengan mencoba kita akan memperoleh ilmu yang kita pelajari secara maksimal. 

Jadi, Ketika belajar apapun, maka cara terbaik adalah mencoba dan merusaha untuk bisa. 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.